Catat, Disnakeswan Tubaba Target Pengobatan Seribu Ekor Sapi

  • Bagikan
Ilustrasi peternakan sapi. foto dok radarbali.jawapos.com

RADARLAMPUNG.CO.ID- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menargetkan pengobatan seribu ekor sapi pada tahun 2021 ini. Program tersebut diungkapkan Kepala Disnakkeswan Tubaba, Didampingi Kabid Keswan dan Kesmavet, Sanjaya, Senin (30/8). “Tahun ini kita memiliki program pengobatan massal terhadap sapi milik masyarakat, yang mana pengobatan tersebut berupa pemberian vitamin dan obat cacing,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pengobatan tersebut telah terealisasi untuk 350 ekor sapi di tiga kecamatan yakni, Gunung Terang, Way Kenanga, dan Lambu Kibang. “Pelaksanaan telah dimulai sejak April lalu, dan sejak Juni kita berhenti sementara karena melonjaknya kasus Covid 19. Sehingga, melihat keadaan saat ini kemungkinan akan dilanjutkan kembali pada September,” ujarnya.


Menurutnya, program itu akan dilaksanakan disetiap kecamatan, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni 2021. Lebih jauh dia menjelaskan, adapun mekanisme pelaksanaan, kita memberi informasi ke setiap penyuluh di masing-masing kecamatan dan tiyuh (Desa), agar masyarakat yang memiliki sapi dengan kondisi kesehatan yang kurang baik seperti susah makan, maka dapat mengikuti pengobatan massal yang akan ditempatkan di suatu titik.

Baca Juga:   Percepatan Vaksinasi dan Basis Data, Pemkab Tubaba Lakukan Evaluasi

“Pada tahun lalu pengobatan kita berikan untuk sekitar 1.500 Sapi, tetapi melihat situasi anggaran saat ini kemungkinan hanya bisa mencapai mencapai seribu ekor saja. Sehingga, berharap seribu nanti di wilayah kecamatan lain yang belum mendapat, pada bulan September nanti bisa dilaksanakan meski terbatas.”tutupnya. (fei/rnn/wdi).




  • Bagikan