Catat, Ini Daerah Rawan Bencana di Pringsewu

  • Bagikan
Kepala BPBD Pringsewu M. Khotim.

RADARLAMPUNG.CO.ID – Memasuki musim penghujan warga Pringsewu diminta mulai waspada. Mengingat di sejumlah wilayah di kabupaten tersebut memiliki potensi banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pringsewu, daerah rawan banjir terdapat di sejumlah kecamatan. Menurut Kepala BPBD Pringsewu M. Khotim, pekon rawan banjir antara lain Pekon Ambarawa, Ambarawa Barat, Kecamatan Ambarawa. Kemudian Pekon Sukaratu, Pagelaran, Lugusari, kecamatan Pagelaran.


Berikutnya Pekon Wates, Bulokarto, Gdingrejo Timur, Krandegan, Parerejo, Kecamatan Gadingrejo. Selanjutnya Pekon Sidoharjo, Kelurahan Pringsewu Timur, Pringsewu Selatan, Pringsewu Utara, dan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu. ”Kecamatan Sukoharjo dan Adiluwih juga memiliki potensi banjir,” ungkap M. Khotim.

Sementara itu untuk rawan longsor, lanjutnya, terdapat di daerah Kecamatan Pardasuka, Kecamatan Gadingrejo, serta Kecamatan Pagelaran Utara. “Sejumlah daerah di wilayah ini berbukit dan lembah,” jelasnya.

Baca Juga:   Ini Daerah Rawan Bencana di Pesawaran

BPBD, menurut M Khotim, juga meminta peran aktif masyarakat meminimalisir terjadinya banjir dan tanah longsor. “Dengan malakukan upaya-upaya tidak membuang sampah smbarangan. Juga tidak menebang pohon sembarangan. Serta selalu gotongroyong membersihkan lingkungan. Terutama di areal daerahnya banyak di aliri got atau irigasi kecil yang sering mengakibatkan mampet,” ajak M. Khotim seraya mengatakan bila membutuhkan bantuan dapat menghubungi 0729 21108. (sag/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan