Catat, Ini Pesan untuk 40 PPK Terlantik

  • Bagikan
KPU Bandarlampung melantik 40 PPK Penambahan Pemilu 2019 di Aula KPU Bandarlampung Rabu (2/1). FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung melantik 40 panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) penambahan Pemilu 2019 di Aula KPU Bandarlampung Rabu (2/1). Mereka dilantik langsung Ketua KPU Bandarlampung Fauzi Heri.

Dalam pelantikan ini, terselip pesan bagi 40 PPK penambahan. Salah satunya dari Komisioner KPU Bandarlampung Divisi SDM dan Parmas Fadillasari. Menurut Ila -sapaan akrab Fadillasari- seluruh PPK, baik penambahan maupun yang telah dilantik sebelumnya harus menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu.


“Kami selalu mengingatkan baik PPK dan PPS (panitia pemungutan suara) untuk menjaga integritas. Karena mereka kepanjangan tangan KPU, artinya kan kita satu sistem. Kalau mereka melakukan tindakan nggak baik ya maka semuanya akan tercoreng,” ujar Ila saat diwawancarai di Kantornya Rabu (2/1).

Baca Juga:   Dorong Peningkatan Realisasi Vaksin Lampung, Partai Golkar Gandeng Kemenkes

Apalagi, lanjut Ila, saat ini penyelenggara menjadi profesi yang banyak diminati orang. Untuk itulah, KPU minta tetap menjaga kode etik dan menjalan kan tugas sesuai aturan PKPU dan tahapan pemilu. “Jangan sampai merusak nama baik karena untuk kepentingan pribadi,” tambahnya.

Kemudian Ila juga meminta semua PPK penambahan langsung bekerja dan adaptasi cepat. Terlebih sebentar lagi pemungutan suara, harus segera menyesuaikan diri terutama belajar undang-undang.

Kemudian, Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah mengatakan, nantinya setelah dilantik seluruh PPK harus menjalankan aturan sesuai tahapan yang telah berjalan sampai saat ini. Di mana, proses tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan empat bulan. “Dan, semua PPK harus cepat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan tahapan,” jelas Candra.

Baca Juga:   Tanggapi Adanya Pertemuan Elit Partai, Sekretaris Partai Demokrat Lampung Nilai Wajar

Diingatkannya, saat ini sudah mulai logistik dan perbaikan data pemilih yang terus berjalan. “Kami minta juga PPK yang baru bisa segera cepat disesuaikan dan cepat beradaptasi dengan PPK yang ada. Kami pengawas pemilu akan melihat kinerja dalam menjalankan tahapan, PPk diharapkan berkoordinasi panwascam atau sebaliknya,” tandasnya. (rma/sur)




  • Bagikan