Catat ! Ini Syarat Calon Perseorangan Pilkada Lamtim

  • Bagikan
Ketua KPU Lamtim Husin. Foto Dwi P/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Selain diusung partai politik, pasangan valon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Timur tahun 2020 mendatang juga dapat maju melalui jalur perseorangan.

Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur Husin menjelaskan, pasangan calon yang ingin maju dari jalur perseorangan harus mendapat dukungan sekurang-kurangnya 59.262 masyakat Lamtim yang masuk daftar pemilih tetap (DPT). Penetapan jumlah dukungan minimal itu didasarkan pada perhitungan, 7,5 persen dari 790.149 warga Lamtim yang masuk dalam DPT pada pemilu serentak 2019 lalu

Menurutnya, syarat minimal dukungan itu didasarkan pada Keputusan KPU Lamtim nomor 132/HK.03.1-Kpt/KPU-Kab/X/2019 tentang penetapan jumlah minimal persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan pada pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Lampung Timur tahun 2020.

Baca Juga:   Awas, Jangan Coba-Coba Timbun Obat dan Oksigen Medis !

Lebih lanjut dijelaskan, melalui surat keputusan yang ditetapkan melalui rapat pleno pada 26 Oktober 2019 itu juga disebutkan, jumlah dukungan harus tersebar sekurang-kurangnya di 13 kecamatan atau lebih dari 50 persen dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Ditambahkan, penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan ke KPU Lamtim dilaksanakan mulai 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020. “Syarat dukungan calon perseorangan akan diverifikasi secara administrasi dan juga dicek langsung ke lapangan guna memastikan kebenaran dukungan,”imbuh Husin. (wid/wdi)




  • Bagikan