Catat, Meski Dilengkapi Palang Pintu, Fasilitas Gedung Parkir Pemkot Bandarlampung Bakal Gratis

  • Bagikan
Pembangunan gedung parkir kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung terus digenjot. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembanguan gedung parkir lima lantai di kompleks Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan dilengkapi palang pintu bak sistem parkir mall. Sekretaris Kota (Sekkot) Bandarlampung Badri Tamam mengatakan, gedung yang dibangun secara dua tahap dan ditarget rampung Desember 2020 mendatang itu bakal memfungsikan sistem palang pintu yang diharapkan lebih tertib dan aman.

Meskipun dilengkapi palang pintu dan menggunakan karcis masuk, tetapi tidak akan ada pungutan biaya sepeser pun alias gratis. “Enggak dipungut biaya, supaya lebih tertata rapi dan aman saja,” ujarnya.

Terkait, apakah pengelolaan gedung parkir dipihakketigakan atau tidak, dirinya mengaku pihaknya masih mempertimbangkan. “Ya nanti kita liat bagaimana kebijakan bapak wali kota,” imbuhnya.

Baca Juga:   Tahun Ini, Bandarlampung Terima 105 Unit Bantuan Bedah Rumah BSRS

Gedung parkir tersebut akan diperuntukan bagi seluruh ASN dan masyarakat yang berkunjung ke Pemkot Bandarlampung. “Ini semua untuk pelayanan bagi masyarakat. Kita liat setelah selesai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung Iwan Gunawan mengungkapkan bahwa pembangunan gedung parkir untuk tahap 1 hingga akhir Desember 2019 sudah memasuki progres hingga 50 persen.

Pembangunan tahap 1 ini, katanya menghabiskan dana APBD 2019 sebesar Rp20 miliar, dengan penyelesaian 2 lantai. “Progresnya sangat bagus, sesuai dengan yang kita harapkan,” katanya, Minggu (20/10).

“Tahun ini dibangun 2 lantai, tahun depan 3 lantai. Nanti keseluruhannya bisa difungsikan Desember 2020. Pembiayaan menggunakan APBD 2019 dan APBD 2020 masing-masing pagu sebesar Rp20 miliar,” urainya.

Baca Juga:   Patut Dicontoh, Isi Ulang Tabung Oksigen Bayar Sukarela

Dirinya menyebutkan, gedung parkir tersebut yang berada di depan gedung Aula Semergo dirancang dapat menampung sebanyak 400 mobil dan sekitar 1.200 motor.

Gedung tersebut seluas 50×70 m2, dengan desain berbentuk modern. Mencontoh layaknya parkiran yang ada di Bandara Raden Intan. Proses lelang untuk tahap kedua diperkirakan pada Februari 2020 mendatang. (apr/sur)




  • Bagikan