Catat ! Pemprov Lampung Minta Daerah Empat Kali Panen di Lahan Pertanian Minimal 1.000 Hektare


Catat ! Pemprov Lampung Minta Daerah Empat Kali Panen di Lahan Pertanian Minimal 1.000 Hektare
Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung Kusnardi. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung bakal meminta para petani untuk panen hasil pertanian pada tahun ini sebanyak empat kali panen. Ini merupakan instruksi yang diberikan Kementerian Pertanian guna meningkatkan produktivitas lahan.

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung, Kusnardi mengungkapkan pada rencana panen empat kali dalam setahun ini akan diterapkan di masing-masing daerah di Lampung dengan luasan lahan 1000 hektar.





“Sebenarnya sudah kita lakukan, baru di Lampung Selatan, Lampung Tengah, Waykanan sudah ada yang berhasil. Tapi kami akan coba di 15 Kabupaten/kota untuk minimal ada 1000 hektar yang ditanam,” ungkap Kusnardi yang ditemui Senin (17/1) di Kantornya.

Dia mengatakan, panen empat kali dalam setahun ini guna meningkatkan produktivitas lahan. Namun bisa saja tak sepenuhnya ditanam padi.

Baca Juga:   Meski Telah Kembalikan Kerugian Negara, Pansus Tetap Beri Catatan

“Kalau sedang tidak musim hujan, bisa di tanamkan jagung. Karena bila air kurang tidak bisa dilaksanakan kita manfaatkan teknologi hemat air,” tambahnya.

Namun, hal ini masih terganjal beberapa persoalan. Seperti perilaku petani yang agak sulit dirubah, ancaman Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). “Ya untuk perilaku petani harus kita ubah pelan-pelan. Kemudian memang yang mengancam ialah OPT yang dikhawatirkan semakin banyak karena makanannya itu-itu saja. Apalagi ini tersedia sepanjang tahun,” tambahnya.

Namun, Kusnardi mengatakan untuk memenuhi itu juga harus didukung dengan kesiapan bibit, sarana produksi harus disiapkan pupuk benih alat mesin yang penting permodalan juga seperti melalui KUR (kredit usaha rakyat).

“Pemprov Lampung akan berupaya membantu memenuhi kebutuhan petani itu semua melalui Kartu Petani Berjaya (KPB) yang bisa diakses para petani,” tandasnya. (rma/wdi)

Baca Juga:   Bulan Imunisasi, di Lampung Ada 1.598.957 Anak Sasaran Imunisasi