Cegah Flu Burung, Disnak Siapkan 10 Ribu Dosis Vaksin Flu Burung

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak dan Keswan) setempat menyiapkan 10 ribu dosis vaksin Avian Influenza (AI). Vaksin AI dari pemerintah pusat tersebut berguna untuk mencegah penyakit Flu Burung pada unggas, dan rencananya kegiatan vaksinasi di daerah ini akan dilaksanakan pada September mendatang.

“Sasaran vaksinasi yakni ternak unggas milik masyarakat yang telah terdata di kami. Untuk pelaksanaannya akan dilakukan oleh tim kesehatan¬† hewan atau dari masing-masing Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) yang ada wilayah kecamatan,”ungkap drh. Nazaruddin, MM, Kepala Disnak dan Keswan Kabupaten Tubaba kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/3).

Ternak unggas tersebut, lanjutnya, diutamakan yang memiliki jangka waktu panjang terutama dalam hal reproduksi, misalnya ayam kampung, ayam petelur, dan unggas lainnya.”Jika ingin mendapatkan vaksin tersebut, masyarakat dapat mengajukan dengan membuat surat permohonan langsung kepada dinas atau bisa pula melalui tiyuh,”terangnya.

Baca Juga:   Bupati Tubaba Harapkan KONI Jadi Dapur Pembentukan Karakter

Dia berharap kegiatan vaksinasi nantinya berjalan dengan baik.”Vaksinasi itu dilakukan setahun sekali saja sehingga diharapkan proses pelaksanaannya nanti dapat berjalan baik dan mampu membantu masyarakat dalam menjaga hewan ternak atau peliharaannya dari penyakit mematikan,”imbuhnya.

Disinggung mengenai stok Vaksin Rabies yang selalu tersedia setiap tahun untuk kegiatan vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR), Nazaruddin menyatakan bahwa Kabupaten Tubaba tahun ini tidak mendapatkan alokasi dari pusat. Selain karena keterbatasan anggaran, Tubaba dinilai aman mengingat tidak ada kasus rabies di daerah setempat.(fei/rnn/yud).



  • Bagikan