Cegah Kenaikan Kasus Covid-19, Terapkan Mandatory Check di Pelabuhan Bakauheni

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kasus aktif nasional mengalami penurunan sebesar 48,6 persen dari puncak kasus yang tercatat pada 5 Februari lalu. Dalam sepekan terakhir, angka berkurang sebanyak 7.595 kasus sehingga kasus aktif saat ini berada di kisaran 90.800 kasus.

Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia relatif masih terkendali. Di mana, kasus aktif nasional saat ini berada pada angka 5,2 persen dibandingkan kasus global yang mencapai 11,09 persen.

Untuk menjaga kondisi tersebut, khususnya selepas masa libur Lebaran tahun ini, pemerintah terus memantau peningkatan mobilitas masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (17/5).

Baca Juga:   Ada Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Kampung Sawah Tutup Sementara

“Kasus aktif nasional adalah 5,2 persen dibandingkan global yang 11,09 persen. Kemudian, kasus kesembuhannya adalah 92 persen di mana global 86,83 persen dan kematian kita masih 2,8 persen dan global 2,07 persen,” jelas Airlangga.

Menurut Airlangga, terdapat 15 provinsi yang kasus aktifnya meningkat. Yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Maluku, Banten, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

“Namun kalau kita lihat, dibandingkan minggu pertama April, kasus mingguan di pulau Sumatera ada tren meningkat dan juga tentu kita memonitor mobilitas penduduk pascalibur Lebaran dari Sumatera ke Jawa,” lanjut Airlangga.

Baca Juga:   Dinkes Sebut Varian Delta Belum Masuk Bandarlampung dan Minta Masyarakat Waspada



  • Bagikan