Cegah Penyebaran DBD Dengan PSN

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas Kecamatan Wonosobo, Tanggamus mengimbau warga untuk terus aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Tujuannya mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aygepti.


“Kami minta agar warga tetap waspada dan terus melakukan PSN dengan membersihkan air yang tergenang untuk memutus mata rantai jentik. Sedangkan nyamuk dewasa dengan fogging,” kata Kepala UPT Puskesmas Wonosobo Supriyanto.

Menurut dia, selain terus melakukan PSN, masyarakat juga harus memperhatikan kondisi lingkungan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dua aspek tersebut saling berkaitan dan mendukung penekanan angka kasus DBD.

“PHBS lebih spesifik ke pola hidup sehat untuk manusianya. Sedangkan nyamuk, timbul karena lingkungannya. Tetapi PHBS pun mendukung untuk hal ini. Karena hidup bersih itu muncul dari perilaku yang bersih dan lingkungan yang bersih pula,” tegas Supriyanto.

Baca Juga:   Riana Sari Berharap Tenun Lampung Tembus Pasar Internasional

Dilanjutkan, selama ini langkah preventif dan promotif sudah dilakukan UPT Puskesmas Wonosobo. Yakni melakukan sosialisasi dan himbauan untuk mengingatkan masyarakat. (ehl/rnn/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan