Cegah Potensi Kebakaran, Dinas Damkartan Tubaba Akan Bentuk Redkar di Seluruh Tiyuh

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan terus berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal urusan kebakaran. Salah satu upaya tersebut yakni dengan mengajukan bantuan Mobil Damkar dan peralatan pendukung lainnya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Damkartan Tubaba Apriansyah, S.STP, M.Si, usai mengikuti secara virtual Upacara Peringatan HUT ke-102 Damkartan Tingkat Nasional di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, dari Ruang Rapat Utama Bupati Tubaba, Senin (1/3). “Proposal bantuan tersebut sudah kita ajukan beberapa waktu lalu melalui Dirjen Administrasi Wilayah Kemendagri, dan mudah-mudahan terealisasi,”ungkapnya.


Sembari terus berupaya, pihaknya pun tetap berkomitmen untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah ada saat ini dengan maksimal. “Artinya, dengan segala potensi dan kekuatan yang ada, kami akan terus berusaha memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak bergerak, paling tidak berusaha sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) khususnya dalam hal urusan kebakaran,”ujarnya.

Baca Juga:   Apel Kesiapan Ops Patuh Krakatau 2021, Polres Tubaba Gelar Apel Gabungan

Untuk membantu pencapaian SPM di urusan kebakaran, pihaknya juga berencana akan membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di setiap tiyuh dan kelurahan, sesuai dengan amanat dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 364.1-306 tahun 2020 tentang Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran.”Tugas redkar nantinya adalah  bersama-sama memberikan edukasi dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka penanggulangan dan pencegahan kebakaran,  serta penyelamatan. Mudah-mudahan tahun ini sudah mulai terbentuk,”harapnya.

Di satu sisi, Apriansyah juga mengingatkan bahwa berdasarkan data dan informasi yang ada Kabupaten Tubaba masuk dalam zona rawan kebakaran hutan dan lahan. Oleh karenanya, dia pun menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat  dapat lebih peduli terhadap bahaya kebakaran.”Saya berharap, perhatian masyarakat terhadap potensi kebakaran dapat terus meningkat. Sebab, peran aktif dari semua pihak sangat membantu upaya pemerintah dalam urusan kebakaran,”tukasnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan