Cegah TBC, Maksimalkan Kader TB Care dan Pendampingan

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Sejumlah upaya dilakukan Organisasi Perempuan Muhammadiyah Aisyiyah Pesawaran untuk menekan penyebaran penyakit Tubercolosis (TBC). Di antaranya memaksimalkan kader TB Care dan pendampingan terhadap penderita.

Ketua Aisyiyah Pesawaran Ery Imron didampingi Sekretaris Sri Sumarsih mengatakan, pihaknya memiliki 48 kader yang tersebar pada 11 kecamatan. Di mana, pengentasan TBC menjadi salah satu program yang dilaksanakan organisasi tersebut.


”Kader TB Care di Pesawaran tugasnya mencari warga yang dianggap atau diduga menderita TB. Kemudian didampingi dan diobati sampai sembuh,” kata Ery.

Sementara Rabu (3/4), Aisyiyah Pesawaran menggelar lomba senam tera dalam rangkaian peringatan Hari TB Sedunia di SMK Pelita. Peserta diajak aktif berolahraga serta menghindari hal-hal yang dapat memicu serangan penyakit TB.

”Lomba senam diikuti 19 kelompok. Setiap kelompok berjumlah 11 orang. Dengan peringatan TB ini, diharapkan peserta tetap sehat dan terhindar dari penyakit tersebut,” ujarnya.

Sementara, Indrawansyah, perwakilan dari Dinas Kesehatan Pesawaran menyampaikan, keberadaan Aisyiyah dinilai sangat membantu dalam melaksanakan tugas di lapangan. Sebab dalam program TB, Aisyiyah memiliki petugas yang mengawasi langsung penderita.

“Tentunya, kami berharap kerjasama ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan lagi,” tegasnya. (ozi/ais)




  • Bagikan