Metro  

Cegah Virus Baru, Dinkes Metro Imbau Masyarakat Hidup Bersih


Kepala Dinas Kesehatan Metro Erla Andrianti. Foto Ruri/Radarlampung.co.id
Kepala Dinas Kesehatan Metro Erla Andrianti. Foto Ruri/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Di Metro hingga saat ini tidak ditemukan Hepatitis Akut. Kendati begitu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Metro tetap mengimbau masyarakat tetap waspada dan menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Dinkes Metro Erla Andrianti mengatakan, penyakit hepatitis akut tersebut juga belum ditemukan oleh Kementerian Kesehatan RI. Namun begitu, masyarakat harus tetap menerapkan pola hidup bersih.





“Kami baru mendapatkan surat dari Kemenkes untuk kewaspadaan. Masyarakat kita imbau untuk melaksanakan PHBS agar mencegah supaya virus itu tidak menularkan ke kita,” ujarnya, Selasa (10/5).

Dikatakannya, pihaknya pun sudah menyiapkan langkah antisipatif seperti menyiagakan rumah sakit dan puskesmas. Hal Itu untuk menindaklanjuti jika nantinya ada temuan yang diduga penyakit tersebut.

Baca Juga:   Armada Sampah DLH Metro Sempat Mandek Operasi, Ini Penyebabnya

“Sementara ini rumah sakit sudah kita siapkan. Jika nanti ada dugaan ke arah Hepatitis Akut agar segera melaporkannya. Apabila ada anak-anak seperti itu harus diawasi, jangan sampai parah. Kalau sampai parah segera rujuk ke rumah sakit. Nanti tata laksana rumah sakit ada prosedurnya sendiri. Namun sampai hari ini belum ada laporan ke kota,” ungkapnya.

Erla menuturkan, masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaannya, agar penyakit tersebut tidak menyerang khususnya pada anak-anak. Terutama jika anak-anak mengalami gejala seperti diare, mual, muntah-muntah dan panas.

“Untuk mengetahui pastinya itu memang harus dilakukan tes selanjutnya. Jangan sampai terjadi penyakit kuning, terutama anak-anak berusia dibawah 11 tahun. Jadi jika ada gejala yang mengarah ke penyakit ini agar segera dilaporkan ke Dinkes,” pungkasnya. (rur/sur)

Baca Juga:   Pasca Idul Fitri, Volume Sampah di Kota Metro Meningkat