Cegah Virus Corona, Bupati Lamtim Sarankan Ini

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menghimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang belum dipastikan kebenarannya. Hal itu disampaikan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari terkait isu ada warga Lamtim yang terserang virus corona. 

Menurutnya, berdasarkan laporan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana, pasien yang baru pulang dari Tiongkok menderita TB paru minimal dan demam berdarah dengeu (DBD).

“Kepada seluruh masyarakat Lampung Timur kami harap tetap tenang sembari meningkatkan kewaspadaan dan tidak percaya berita hoax,”pesan Zaiful.

Zaiful juga berharap masyarakat dapat melaporkan  semua informasi tentang kesehatan dan riwayat perjalanan kepada petugas kesehatan di wilayah masing-masing.

Selain itu, masyarakat yang mengalami gejala demam batuk sesak nafas dan baru kembali dari negara terjangkit  diminta segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Baca Juga:   7 Formasi CPNS Lamtim Kosong

Kemudian untuk mencegah terjangkitnya virus corona,  Zaiful menghimbau masyarakat melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Antara lain,  memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan kaya protein seperti ikan, daging dan telur. Hal itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Upaya selanjutnya adalah selalu mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin. Kemudian, sebelum dan sesudah sudah menyiapkan makanan. Termasuk sebelum makan, setelah menggunakan toilet dan setelah merawat binatang.

“Sebaiknya cuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik jika tidak tersedia air dapat menggunakan anti septik atau cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen,” harapnya.

Ditambahkan, masyarakat juga harus menerapkan etika batuk yakni menutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tisu, selanjutnya menggunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran pernapasan dan segera berobat. (wid/ang)




  • Bagikan