Cek Bahan Pokok, Pemkab Tubaba Terjunkan Tim Sidak Pasar

  • Bagikan
Tim sidak pasar mengecek kondisi sembako di Kecamatan Tuba Tengah. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus memantau kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat, khususnya selama ramadhan hingga lebaran. Untuk memastikannya, tim bentukan Pemkab Tubaba pada Selasa (20/4), sidak ke Kelurahan Mulya Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Pasar Mulya Asri dan sejumlah toko retail (modern) yang ada di sekitarnya jadi sasaran sidak tersebut.”Ini adalah sidak awal, sebab kegiatan monitoring seperti ini akan terus dilakukan oleh tim secara berkelanjutan di semua wilayah Tubaba,” tegas Suwardi, SE, MM, Kabag Ekonomi Setdakab Tubaba di sela-sela sidak tersebut.


Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya fokus pada monitoring stok dan mengecek harga bahan pokok, namun terkait kualitasnya juga menjadi perhatian mereka. Untuk itu, tim tersebut melibatkan unsur dari lintas sektoral, termasuk dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga:   Lembaga Pusat Kesenian Lampung Safari di Tubaba

“Kehigienisan bahan-bahan pangan juga kami cek. Misalnya daging di cek menggunakan alat khusus dari Dinas Peternakan. Harapan kita, sidak ini dapat memberikan rasa aman terhadap konsumen, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat membuat konsumen maupun pedagang merugi,” ulasnya.

Dari hasil sidak tersebut, lanjutnya, untuk sementara disimpulkan bahwa harga dan kualitas barang khususnya di Pasar Mulya Asri masih terpantau baik dan stabil. Namun, kata dia, untuk kualitas barang di toko modern terdapat temuan adanya makanan yang telah memasuki masa kadaluarsa namun tetap terpajang di rak toko.

“Langsung kita tegur dan mereka sudah meminta maaf, bahkan langsung memperbaiki,” tandasnya. Pihaknya pun menghimbau agar masyarakat dapat lebih teliti sebelum membeli, sebab tidak jarang konsumen yang membeli barang terutama bahan makanan tanpa melihat tanggal kadaluarsa di kemasan.

Baca Juga:   Lembaga Pusat Kesenian Lampung Safari di Tubaba

Berdasarkan pantauan, sidak tersebut dipimpin oleh Asisten Bidang Perekonomian Nakhoda, SH, MH. Selain Kabag Ekonomi, ikut dalam tim tersebut antara lain dari Dinas Koperindag dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, BPOM, Dinas Perhubungan, serta Satpol PP. (fei/rnn/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan