Cek Beberapa Target Pordasi Lampung

  • Bagikan
Anggota Pordasi Lampung. FOTO IST.

BANDARLAMPUNG – Ketua cabang olahraga (cabor) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Lampung, Mayor Ckm Dr. Hengki Irawan M.Biomed, SpAn menargetkan berkuda Lampung lolos ke PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Hal itu ia ungkapkan kepada Radarlampung.co.id, Sabtu (15/1). Lolos ke PON merupakan salah satu visinya. “Paling tidak kita bisa mencuri medali di PON 2024 meskipun tidak menjadi juara umum. Kita menargetkan untuk nomor equestrian di kelas jumping dan dressage minimal bisa mendapat dua medali emas,” ujarnya.



Saat ini, sudah ada tiga atlet di nomor equestrian yang sudah terlatih dipersiapkan untuk tampil di PON 2024. “Atlet dan kudanya sudah kita persiapkan,” singkatnya.

Visi lain sebagai ketua Pordasi, dr. Hengki juga berupaya untuk menghilangkan image olahraga berkuda agar tidak terkesan sebagai olahraga mahal dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Pordasi akan membuat pelatihan-pelatihan berkuda di 14 stabel atau tempat berkuda di Lampung.

“Visi pertama saya ingin adanya pelatihan-pelatihan berkuda yang bisa terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Di pelatihan itu, kata dokter yang berdinas di RS DKT Baturaja, stabel akan memberikan beasiswa bagi calon atlet berprestasi. Si atlet tak harus memiliki kuda. “Jadi calon atletnya cukup menyiapkan perlengkapan pribadi saja misalnya helm, sepatu dan sebagainya. Sedangkan untuk kudanya kita yang siapkan,” jelas dr. Hengki

Tak hanya itu, Hengki juga akan melakukan registrasi terhadap kuda di Lampung agar bisa ikut di even-even nasional. “Saya minta divisi peternakan nanti membuat regulasinya, agar ke depan kuda di Lampung bisa dibuatkan sertifikat dan kudanya bisa diikutkan di lomba nasional,” ucapnya.

Pihaknya juga akan menjadikan Lampung sebagai salah satu tempat even olahraga berkuda di tingkat nasional. Sebab selama ini, even berkuda digelar di Pulau Jawa. Even paling terdekat adalah lomba endurance pada Agustus mendatang.(nca/yud)






  • Bagikan