Cerita Alumni Universitas Teknokrat Indonesia Lulus Tes dan jadi Perwira Polri

  • Bagikan
foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Alumni Universitas Teknokrat Indonesia mengabdi di berbagai sektor. Salah satunya Iptu Efriyansyah. Lulusan Universitas Teknokrat Indonesia itu kini bertugas di Badan Intelkam Mabes Polri. Efriyansyah sejak 2012 menempuh kuliah di jurusan Teknik Informatika dan lulus pada 2016.

Usai lulus, Efriyansyah mengaku berminat untuk menjadi polisi. Dirinya akhirnya mendaftar pada SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana). “Sebenarnya waktu daftar saya nggak tahu lulusan SIPSS akan jadi polisi. Saya tidak tahu mana yang masuk perwira, mana bintara, cuma tahunya jadi polisi aja gtu. Hanya daftar aja, ternyata saat tes itu luar biasa. Pendaftar dari Lampung ada 50 lebih,” beber Efriyansyah.


Dari 50 orang tersebut, tes berlanjut ke Jakarta untuk seleksi pusat. Saat tes dirinya bersama rekan-rekannya juga di tes terkait IT juga. “Kemudian setelah melalui serangkaian tes, dapatlah dari Lampung ada 3, tapi yang benar-benar dari kampus dari Lampung hanya Teknokrat. Sementara 2 lainnya dari kampus luar Lampung. Langsung masuk pendidikan di 2017 awal, dan selesai September langsung pendidikan ke Akpol, kira-kira selama 6 bulan,” tambahnya.

Baca Juga:   UKM Ar-Rahman Universitas Teknokrat Indonesia Raih Juara I Lomba Podcast Islami

Dari hal tersebut, Efriyansyah kemudian merampungkan pendidikan dan mendapat penempatan dari 2017 sampai sekarang di Badan Intelkam Mabes Polri. Tugasnya terkait kepolisian dengan di kombinasikan dengan kemampuan di bidang IT.

“Kebetulan dari 2017 ditempatkan Baintelkam ya dibagian IT, sampai sekarang. Alhamdulillah juga sudah beberapa kali studi banding terkait IT ke Korea Selatan, Tiongkok juga. Karena mereka memproduksi alat-alat, kami sempat mengecek langsung ke lokasi sebelum pandemi. Tapi rencananya 2019 sempat mau diberangkatkan ke Turki, tapi 2020 awal itu pas Maret jadwalnya Covid-19. Harusnya ke Turki dan Jerman, tapi ya karena Covid-19 batal semua. Kami tidak berangkat sama sekali, akhirnya kami mereview melalui Google Meet,” jelasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan