Chef Ini Masak Sampai Celupkan Tangan ke Dalam Minyak Panas

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Aksi seorang chef yang memasak tempura menjadi viral belakangan ini. Hal tersebut karena ia memasak tempura dalam minyak panas dengan tangan telanjang.

Video tersebut pertama kali dibagikan oleh pengguna Twitter dengan akun @Yuku1991 yang berbagi video saat kepala koki dan pemilik Tenkin, restoran tempura di Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang sedang beraksi.

Seperti yang terlihat di video, koki tersebut memasukkan kuning telur yang telah dicelup ke dalam adonan tepung lalu menggorengnya. Cara menggorengnya terbilang luar biasa. Saat memasukkan kuning telur ke wajan menggunakan tangan kanan, jari-jari tangannya juga ikut dia celupkan ke dalam minyak panas.

Aksi yang tidak biasa ini menimbulkan spekulasi pengguna Twitter di Jepang. Beberapa mengklaim bahwa koki itu berhasil melakukannya karena tangan kanannya mati rasa.

Namun, seorang pengguna, @taiyakiudon memiliki pendapat yang berbeda. Ia mengatakan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena efek Leidenfrost. Dinamakan dari nama dokter abad ke-18 dan teolog, Johann Gottlob Leidenfrost. Efek Leidenfrost adalah fenomena fisik di mana cairan yang ditempatkan di dekat zat lain yang lebih panas dari titik didihnya, menciptakan lapisan isolasi uap yang mencegahnya mendidih terlalu cepat.

Dengan demikian, adonan tempura yang menempel di tangan dan jari-jari koki melindunginya dari rasa terbakar ketika mencelupkannya ke dalam minyak mendidih.

Terlepas dari bagaimana tempura Tenkin dibuat, mereka terlihat lebih lezat saat disajikan. Satu mangkok tempura udang, ikan dan telur dijual dengan harga Rp130 ribu. (viva/rlo)



  • Bagikan