CitraLand Janji Laksanakan Rekomendasi Jangka Panjang Penanganan Longsor

  • Bagikan
Klarifikasi dan pemaparan penanganan area longsor di lokasi Citraland Bandarlampung serta kajian teknis konsultan secara menyeluruh di Swiss Belhotel, Kamis (18/2). FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – PT Geotechnical Engineering Consultant (GEC) melakukan kajian
geoteknik terkait stabilitas lereng dan mekanisme longsoran yang terjadi di Perumahan CitraLand Lampung beberapa waktu lalu.

Konsultan dari GEC Prof Paulus P. Rahardjo, mengatakan, setelah terjadinya longsor beberapa waktu lalu, pihaknya sudah memberikan rekomendasi dan hal apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi lagi. Rekomendasi yang diberikan antara lain melakukan perbaikan saluran drainase pada area deposisi longsoran sehingga aliran air
dapat teralirkan kembali ke saluran drainase, dan tidak mengalir secara liar.


Lalu, juga telah melakukan pengukuran kontur tanah eksisting setelah terjadinya longsoran agar dapat diketahui perubahan kontur sebelum, dan sesudah terjadinya longsoran.

Baca Juga:   BRI Sinergikan Ekosistem Digital dengan Peruri Digital Security (PDS)

“Lokasi juga sudah dilakukan penyelidikan tanah berupa pengeboran dalam dan pengujian sondir. Tentunya juga sudah melakukan monitoring secara berkala ke area tersebut. Semua rekomendasi ini sudah dilakukan oleh pihak CitraLand,” ujarnya, dalam klarifikasi dan pemaparan penanganan area longsor di lokasi Citraland Bandarlampung serta kajian teknis konsultan secara menyeluruh di Swiss Belhotel, Kamis (18/2).

Lanjutnya, untuk jangka panjang, pihaknya juga sudah mengusulkan CitraLand untuk melakukan tindakan, dan penanganan seperti, melakukan kajian stabilitas lereng pasca longsoran. Sehingga dapat ditentukan perkuatan struktural yang dibutuhkan pada area longsoran, dan melakukan perbaikan drainase.

Sementara itu, GM CitraLand Lampung Rudi Setiawan menuturkan, pihaknya tentu menerima kajian-kajian teknis dari pihak terkait. Bahkan, ia juga akan melakukan koordinasi untuk pengawasan ke depannya.

Baca Juga:   Active Speaker CBOX-MAX09PA, Dengan Fitur Built–In Pre-Amplifier Tube dari Sharp

“Kita akan menerima masukan, dan kajian-kajian dari pihak terkait. Dan kita akan lakukan rekomendasi agar ke depannya lebih baik lagi. Untuk area longsor di Cluster Da Vinci Blok A9, tidak akan dilakukan pembangunan rumah kembali, namun akan kami dimanfaatkan untuk area landscape atau penghijauan,” ungkapnya. (rur/sur)




  • Bagikan