Lamtim  

CJH Lamtim Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan


RADARLAMPUNG.CO.ID – Para calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Lampung Timur mulai menjalani pemeriksaan kesehatan. Sebagaimana dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Sukadana, Rabu (18/5).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr.Satya Purna Nugraha menjelaskan, total CJH yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebanyak 293. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan di laksanakan sejumlah pusat layanan kesehatan.





Itu termasuk di Puskesmas Sukadana. “Total CJH yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Sukadana sebanyak 35 orang,” jelas dr.Satya didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Sartono.

Kesempatan yang sama dr.Satya berharap sebelum berharap, para CJH senantiasa menjaga kesehatan. Antara lain, berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. Itu agar para CJH dalam kondisi bugar saat berangkat hingga pulang ke tanah air.

Diketahui sebelumnya, setelah sempat tertunda akibat pandemi covid-19. Tahun 2022 ini Kabupaten Lampung Timur siap memberangkatkan 293 calon jemah haji (CJH) ke tanah Suci Mekah

Kepala Kantor Kementrian Agama Lamtim Indrajaya melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Liwon menjelaskan, jumlah CJH yang batal berangkat tahun 2021 sebanyak 678. Itu termasuk pendamping ibadah haji.

Namun, untuk musim haji tahun 2022 ini, kuota haji untuk Lamtim hanya 293 CJH. Karenanya, saat ini masih dalam tahap seleksi berkas. Antara lain, didasarkan pada nomor porsi dan usia. “Untuk musim haji tahun ini, yang akan diberangkatkan CJH yang berusia di bawah 65 tahun. Semoga, untuk tahun depan yang berusia di atas 65 tahun dapat diberangkatkan,” jelas Liwon.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah seleksi berkas selesai, tahap selanjutnya pengecekan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). “Bagi CJH yang sudah melakukan pelunasan BPIH tahun 2020 wajib konfirmasi ulang ke Bank agar biss tercatat BPIH tahun ini,” jelas Liwon.

Ditambahkan, untuk kelompok terbang saat ini masih menunggu kepastian dari Kementrian Agama. Sedangkan, untuk manasik haji rencananya akan dimulai 23 Mei 2022 mendatang. (wid/ang)