Cuaca Ekstrem Masih Melanda Sepekan Ini

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Lampung memprediksi cuaca ekstrem di Lampung masih akan terjadi selama sepekan mendatang. Bercermin dari peristiwa hujan es beberapa hari yang lalu di Waykanan, tampaknya cuaca pada puncak musim penghujan belum bisa dikatakan normal dan cuaca ekstrem diprediksi masih ada.

Hal itu dikatakan Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto. Ia berujar, secara umum saat ini masih puncak musim penghujan.


“Memang tingkat curah hujannya relatif berkurang dibanding dua bulan lalu, tetapi untuk terjadinya cuaca ekstrem itu masih bisa terjadi karena pertumbuhan awan dilihat dari dinamikannya yang memicu curah hujan masih banyak, itu terjadi karena intensitas hujan yang sangat deras masih sangat berpotensi,” katanya, Minggu (14/3).

Baca Juga:   Bupati Mesuji Pantau Penerapan Prokes Pelaksanaan Tes CPNS

Pihaknya juga menuturkan, masa peralihan atau biasa disebut pancaroba akan menghampiri wilayah Lampung pertengahan April mendatang.

“April pertengahan sampai akhir sudah peralihan musim hujan ke musim kemarau. Dan ini perlu diwaspadai karena perbedaan suhu dan cuaca yang signifikan. Biasanya karakternya itu hujan sebentar tapi sangat lebat atau panas tiba-tiba hujan, itu yang bisa memicu angin puting beliung,” jelasnya.

Untuk itu dirinya mengimbau seluruh wilayah Lampung tanpa terkecuali Bandarlampung selalu berhati-hati terhadap kemungkinan yang akan terjadi seperti dampak banjir, angin kencang dan lainya. (mel/sur)




  • Bagikan