Curah Hujan Tinggi, Petani Diminta Pantau Lahan Garapan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji mengimbau petani untuk selalu rutin melihat garapan lahan sawah mengingat curah hujan di Kabupaten Mesuji saat ini cukup tinggi.

Seperti di Kecamatan Mesuji Timur dan Kecamatan Rawajitu Utara lahan sawah di daerah tersebut berpotensi dan terdampak banjir.



Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Holtikultura, Halwan mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Pariman, Rabu (29/12).

Selain itu, untuk Menghindari terjadinya sumbatan air yang bisa mengakibatkan genangan di lahan, para petani juga diimbau untuk melakukan pembersihan pada saluran irigasi.

“Normalisasi saluran air ini penting untuk menghindari penyumbatan dan meminimalisir kerusakan jika terjadi hujan yang dengan intensitas tinggi,” Ungkap Halwan.

Dia menjelaskan, tanaman padi sangat variatif bahkan ada yang baru tanaman. Tetapi usia rata-rata tanaman padi yang sudah ditanam berkisar 40-50 hari. Sebab, masa tanam dimulai sejak Oktober 2021.

“Kalau tanaman padi tergenang sampai 10 hari lebih, kemungkinan rusak, tetapi di Mesuji inikan banjir disebabkan pasang surut. Jadi air itu sewaktu-waktu surut sehingga bisa diatasi,” Jelasnya. (muk/yud)






  • Bagikan