Curiga dengan Akun FB dan WA, Lapor Kesini!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Pringsewu diminta berhati-hati terhadap akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Bupati Sujadi Saddat serta istrinya Nurrohmah. Jika menemukan hal mencurigakan, diimbau segera melapor kepada pihak terkait.

“Bila ada yang meminta-minta, apalagi uang, laporkan. Bisa ke saya langsung atau Inspektorat. Termasuk ke tim Saber Pungli,” tegas Wakil Bupati Pringsewu Fauzi.


Diketahui, penipuan modus mencatut nama pejabat terjadi di Pringsewu. Muncul akun Facebook dan aplikasi WhatsApp yang mengatasnamakan Bupati Sujadi serta Ketua TP PKK Nurrohmah.

Dari informasi yang dihimpun, modus akun Sujadi palsu ini adalah meminta transfer sejumlah uang. Alasannya untuk membeli tiket. Untuk meyakinkan calon korbannya, tampilan pada akun dilengkapi foto Bupati Sujadi serta Ketua TP PKK Nurrohmah.

Fauzi menyatakan, masyarakat jangan langsung percaya jika ada oknum yang meminta sesuatu. Apalagi sampai menjanjikan jabatan tertentu.

”Saya dapat laporan dari pegawai, ada akun yang mengatasnamakan H. Sujadi serta Ketua TP PKK Pringsewu sudah menyasar ke mereka. Untungnya segera mengecek, sehingga pegawai tak percaya begitu saja,” tegasnya.

Meski tak menjelaskan secara rinci, Fauzi menyatakan sudah mengambil langkah penanganan terhadap akun palsu tersebut.

Sebelumnya Bupati Sujadi menyatakan, nomor ponsel yang tertera dalam akun WhatsApp tersebut bukanlah miliknya. Ia meminta agar masyarakat, khususnya warga Pringsewu tak mudah percaya jika ada akun mengatasnamakan dirinya menghubungi.

“Jangan gampang percaya cek dan ricek dulu,” kata Sujadi Minggu (7/4).

Dirinya juga mengatakan, Ketua TP PKK Nurrohmah tidak memiliki akun media sosial Facebook. Karena itu dirinya juga meminta agar pengguna Facebook berhati-hati dan jangan mudah percaya. (sag/ais)

 

 




  • Bagikan