DAI Kamtibmas Lampung Gelar Rakor se-Provinsi Lampung

  • Bagikan
Suasana Rakor DA'I Kamtibmas se-Provinsi Lampung yang berlangsung secara virtual. Source: DA'I Kamtibmas Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dai Kamtibmas Daerah Lampung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Dai Kamtibmas kabupaten/kota se-Provinsi Lampung ( 25/9). Kegiatan dilaksanakan secara virtual dikarenakan masih pandemi Covid 19 giat belum dilaksanakan secara offline.

Kegiatan tersebut diikuti jajaran pengurus Dai Kamtibmaa Daerah Lampung dan Pengurus Dai Kamtibmas kabupaten/kota se-Provinsi Lampung yang dibuka secara resmi oleh Dirbinmas Polda Lampungnyang diwakili AKBP AR. Napitupulu, S.H.


Rakor Dai Kamtibmas mengambil tema “Menyamakan Visi dan Misi Dai Kamtibmas dalam Membangun Sinergitas bersama Polri dan Memperkuat Moderasi Beragama”

Wadir Bismas Polda Lampung AKBP AR. Napitupulu, SH, mewakili Dirbinmas Polda Lampung Kombespol Anang Triarsono, S.Ik.,M.Si menyampaikan, Dai Kamtibmas adalah para tokoh agama Islam dan juru dakwah yang memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan perdamaian di antara sesama anak bangsa.

Selain menanamkan akidah dan akhlak umat Muslim, lanjut dia, dai juga harus berada di garda terdepan dalam menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Baca Juga:   Remaja Berperan Penting Dalam Mencegah Stunting

“Karena itu, dai memiliki peran strategis dalam menebarkan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Keberadaan para dai cukup membantu dalam menciptakan suasana kondusif dan menyelesaikan konflik yang terjadi di tengah masyarakat, terutama melalui pendekatan agama,” tambah AKBP Napitulu.

Pengurus Dai Kamtibmas Daerah Lampung. Source: DA'I Kamtibmas  Lampung
Pengurus Dai Kamtibmas Daerah Lampung. Source: DA’I Kamtibmas Lampung

Sementara KH. Sulaiman Bardan, selaku Ketua Dai Kamtibmas Polda Lampung mengajak para dai untuk terus menyebarkan pesan damai kepada masyarakat. Yakni melalui dakwah yang mendidik sesuai dengan ajaran agama. Dakwah harus mencerahkan dan mencerdaskan.

Dai juga harus bermitra dan bersinergi dengan aparatur keamanan.

“Para dai selain mitra kepolisian juga mitra pemerintah dalam menekan angka kriminalitas atau perbuatan yang melanggar aturan melalui dakwah. Mari kita sebarkan pesan damai kepada masyarakat,” ajaknya.

Pria yang juga selaku Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Kota Bandarlampung ini menyampaikan bahwa para Dai Kamtibmas dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Lampung melalui jalur agama.

Baca Juga:   Tim Pengabdian Unila Ciptakan Sistem Rantai Pasok Industri Pakan Ternak Digital Berbasis IoT

“Banyak hikmah yang dapat dipetik di masa pandemi Covid 19 yang diselenggarakan dengan virtual bagian tuntutan zaman dan teknologi digitalisasi. Mau tidak mau para dai kamtibmas bisa menggunakan media zoom dan sarana dakwah, para dai jangan gagap teknologi (Gaptek),” tegasnya.

Dalam Rakor Pemaparan Program kerja dan dilanjutkan dialog yang dimoderatori Dr. Agus Hermanto, MHI, yang juga Sekretaris Dai Kamtibmas Daerah Lampung.

Dr. Agus menambahkan, dalam kesempatan Rakor Dai Kamtibmas Daerah Lampung telah menyusun dan mencetak buku Himpunan Khutbah Jumat Kamtibmas (Buku Himpunan Khutbah).  Para Dai Kamtibmas sendiri lah yang melakukan penyusunan buku himpunan khutbah.

“Para Dai Kamtibmas ingin berkontribusi dengan memberikan literasi beragama yang baik bagi jamaah dengan dakwah yang mencerahkan dan dakwah yang cerdas. Serta menampilkan dakwah islam yang rahmatal lilalamin dengan moderasi beragama yang baik timbul sifat tasamuh (toleransi), taawun (tolong menolong), dan tawasuth (bersifat moderat),” tutup Dr. Agus. (gie/sur)




  • Bagikan