Dampak Puting Beliung Rawapitu, 73 Rumah Rusak

  • Bagikan
Aparat Polsek Rawapitu, TNI dan masyarakat setempat melakukan evakuasi pasca peristiwa puting beliung. Foto Dok Polsek Rawapitu

RADARLAMPUNG.CO.ID- Sebanyak 73 rumah serta gedung sekolah rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Rawapitu, Tulangbawang.

Bencana alam yang terjadi pada hari Jumat (24/12), sekitar pukul 19.15 WIB tersebut menghantam empat kampung: Duta Yoso Mulyo, Bumisari, Gedung Jaya dan Andalas Cermin.



Kerusakan atau dampak paling parah dialami oleh Kampung Duta Yoso Mulyo. Disini, 45 rumah warga tercatat mengalami kerusakan. Terdiri dari 15 rusak berat, 10 rusak sedang, dan 20 rusak ringan.

Selain itu, ada salah satu warga bernama Kasino yang mengalami luka dibagian kepala akibat tertimpa genting rumahnya.

Baca Juga:   Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Tiga fasilitas umum juga terdampak. Seperti pada PAUD Rawa Indah dan pengeringan padi yang mengalami rusak berat. Terdapat juga satu sekolah TPA mengalami rusak ringan.

Sementara itu, di Kampung Bumisari terdapat 9 rumah yang terdampak: 4 rusak berat, dan 5 rusak ringan.

Di Kampung Gedungjaya terdapat 8 rumah yang terdampak, 1 rusak berat, 2 rusak sedang, dan 5 rusak ringan. Di Kampung ini juga terdapat satu fasilitas umum yang ikut terdampak yakni SMP Gedungjaya yang mengalami rusak berat.

Baca Juga:   Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Sedangkan di Kampung Andalas Cermin terdapat 11 rumah yang terdampak akibat angin puting beliung, 1 rusak berat dan 10 rusak ringan.

Kapolsek Rawapitu Ipda Zulian mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana angin puting beliung di wilayah hukumnya. Namun, puluhan rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

“Total ada 73 rumah yang terdampak bencana angin puting beliung, dengan rincian 21 rusak berat, 12 rusak sedang, dan 40 rusak ringan. Juga terdapat 4 fasilitas umum yang ikut terdampak, 3 rusak berat dan 1 rusak ringan,” kata Ipda Zulian, Minggu (26/12).

Baca Juga:   Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Dilanjutkannya, saat ini personel Polsek Rawapitu bersama TNI, masyarakat, dan pemerintah daerah masih terus melakukan pendataan serta evakuasi warga yang rumahnya mengalami rusak berat untuk dibawa ke tempat yang lebih aman.

Peristiwa bencana angin puting beliung di Kecamatan Rawapitu ini merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu satu bulan.

Sebelumnya, pada tanggal 29 November 2021 Kampung Gedungjaya juga diterjang puting beliung.

Akibat peristiwa ini 11 rumah warga mengalami rusak ringan. Sebagian besar kerusakan terjadi akibat genting rumah berjatuhan. (nal/wdi)






  • Bagikan