Dana Desa 93 Tiyuh Se-Tubaba Tak Kunjung Cair, Ini Sebabnya

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id-Hingga bulan maret 2019, Dana Desa (DD) untuk 93 tiyuh se-Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung tak kunjung cair.

Pihak Pemkab Tubaba menyatakan usulan berkas pencairan DD dari 93 tiyuh tengah dievaluasi Bagian Administrasi Wilayah dan Otonomi Daerah (Adwil-Otda) Pemkab Tubaba.


Disamping itu, belum semua tiyuh menyerahkan berkas pencairan. Karenanya Kepala Bagian Adwil-Otda Tubaba, Miral Haryadi, meminta agar semua tiyuh melengkapi berkas persyaratan pencairan.

“Saat ini Bagian Adwil Sekdakab Tubaba sedang melakukan evaluasi secara bergulir terkait kelengkapan berkas administrasi yang telah terkumpul,” katanya senin (11/3).

Jika sudah dianggap lengkap memenuhi syarat dan ketentuan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Tiyuh barulah dana tersebut dapat dicairkan.

“Kita juga tengah mengecek kesiapan secara administrasi tiyuh, misalnya apakah anggaran pendapatan belanja tiyuh (APBT) mereka sudah mendapat registrasi dari Bagian Hukum atau belum. Jika memang dianggap lengkap clear maka Maret 2019 ini akan kita tindak lanjuti dan diajukan pencairannya,” katanya.

Karena itu, pihaknya berharap agar seluruh tiyuh se-Tubaba sebelum April 2019 berkas usulan pencairan DD tahap awal sudah masuk, sehingga tidak ada kendala di kemudian hari. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan