Dana Desa Dapat Digunakan untuk Penanganan Covid-19

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung Zaidirina. Foto Prima Imansyah Permana/RADARLAMPUNG.CO.ID 

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung mencatat dana desa tahap pertama mulai tersalurkan ke desa-desa yang ada di Lampung.

Kepala Dinas PMDT Lampung Zaidirina mengatakan, dana desa tahap pertama tahun 2021 mulai disalurakan sekitar Rp200-300 juta per desa. “Ya, sudah mulai disalurkan. Keseluruhan ada Rp 1 miliar per desa,” ungkapnya.


Di tengah pandemi Covid-19 sesuai dengan instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 1 tahun 2021 maka dana desa dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro.

“Karena sedang pandemi Covid-19 sekarang dan pemerintah kembali menggalakan pembatas kegiatan secara mikro di tingkat Desa, maka dana desa bisa digunakan untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Baca Juga:   Ada Tiga Daerah di Lampung Terdeteksi Titik Panas

Lampung sendiri kata Zaidirina, memiliki 2.435 desa yang tersebar di 13 kabupaten. Dari jumlah tersebut hampir semua desa telah memiliki posko penanganan Covid-19.

“Sudah kita data dan alhamdulillah posko Covid-19 di tingkat desa masih bagus dan aktif. Kemarin sudah dilaporkan ke Ditjen Bina Pemdes dan ini mendapatkan apresiasi dari beliau,” ucapnya. (pip/sur)




  • Bagikan