DD Bisa Dimanfaatkan untuk Sektor Pertanian

  • Bagikan
Dana desa (DD) bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan petani serta mengatasi permasalahan pertanian. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tanggamus menyatakan dana desa (DD) bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan petani serta mengatasi permasalahan pertanian.

Kabid Pembangunan dan Kelembagaan Pekon Syarifuddin mengatakan, dana desa bisa untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), sehingga tidak melulu untuk pembangunan fisik infrastruktur.


“Dana desa bisa digunakan untuk pelatihan petani. Misalnya mengundang ahli pertanian dalam kegiatan pelatihan sebagai narasumber agar kemampuan petani meningkat,” kata Syarifuddin.

Ia menambahkan, dengan kegiatan tersebut, kemampuan petani dan  produktifitas pertanian meningkat. Ini akan berdampak pada kesejahteraan petani.

“Bukan cuma pertanian, bidang apa saja boleh. Tujuannya untuk peningkatan kemampuan warga di pekon setempat. Apakah mengundang ahli kerajinan, tata boga untuk melatih ibu-ibu dan perempuan guna usaha makanan,” jelas Syarifuddin.

Baca Juga:   Transfer Dana Desa ke Lampung 2022 Turun Rp114,33 Miliar, Berikut Ini Rincian per Daerah

Namun ia menegaskan, mengundang pakar atau ahli untuk melatih tersebut hanya untuk kegiatan produktif menumbuhkan perekonomian warga. (ehl/iqb/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan