Lambar  

Dear OPD Lambar, Inspektorat Itu Mitra Lho !


Inspektur Lambar, Nukman. Foto rnn

RADARLAMPUNG.CO.ID- Inspektorat Kabupaten Lampung Barat mengajak seluruh organisasi perangkat darah (OPD), untuk meningkatkan koordinasi khususnya dalam review terhadap program OPD. Mulai dari perencanaan, penganggaran dan juga pelaksanaan. Hal ini penting dalam rangka mewujudkan kualitas program yang baik.

Inspektur Lambar Drs. Hi. Nukman, M.M., juga meminta kepada OPD untuk merubah mindset terhadap Inspektorat. Karena menurutnya Inspektorat yang dulu bukan Inspektorat yang sekarang.





”Jangan samakan lagi Inspektorat yang dulu dan yang sekarang, OPD harus merubah midster terhadap Inspektorat. Sekarang OPD harus memulai menjadikan Inspektorat sebagai mitra untuk mewujudkan program-program yang ada,” ungkap Nukman.

Salah satunya dengan OPD meminta Inspektorat dalam hal ini Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk melakukan review terhadap program yang akan dilaksanakan. Itu semua, lanjutnya, tentunya harus ada kesadaran dari OPD untuk menggandeng APIP.

”Pelaksanaan review itu penting untuk memberikan keyakinan terhadap kualitas dokumen perencanaan dan penganggaran, untuk menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas serta menjamin kepatuhan terhadap kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran,” ungkapnya.

Terlebih, kata dia, Lambar merupakan peraih opin wajar tanpa pengecualian (WTP) murni sepuluh kali berturut-turut. Sehingga untuk mempertahankan prestasi yang diraih diperlukan kerjasama yang baik.

”Pada intinya, semua masalah yang pada akhirnya bisa saja terjadi setelah dilaksanakan program bisa diminimalisasi jika dilakukan review oleh APIP. Apalagi Lambar ini merupakan daerah peraih WTP murni, dan itu menjadi tanggungjawab bersama untuk mempertahankannya,” pungkas Nukman. (nop/wdi)