Dear Pemerintah, Peternak Waykanan Butuh Dokter Hewan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kabupaten Way kanan punya potensi pengembangan peternakan. Namun, saat ini, Waykanan hanya memiliki satu orang dokter hewan saja. Karenanya, para peternak di Waykanan berharap agar tenaga dokter hewan ditambah.

“Kita sudah sangat lama membutuhkan dokter hewan akan tetapi setiap tahun kita ajukan tidak pernah di penuhi. Padahal di Waykanan ini potensi pengembangan peternakan sangat baik itu dapat dilihat dari data populasi ternak yang ada, baik sapi maupun kambing tersebar di hampir setiap kecamatan, dan bahkan sapi mencapai 36. 400 ekor,” ujar Yanto salah seorang peternak sapi.

Joko Purwono Kabid Peternakan Dinas Holtikultura dan Peternakan Waykanan mengatakan hal senada. Menurutnya, data pemkab tahun lalu jumlah ternak di Waykanan sudah 36.400 ekor.

Baca Juga:   Lokasi Tes CPNS Masih Menunggu Hasil Rapat

“Dari hasil insemunasi buatan, ( Ib) tahun 2019 yang bunting sudah mencapai 3000 ekor. Yang sebagian akan lahir tahun 2020 ini. Belum lagi yang hasil kawin alami. Mungkin saat ini sudah lebih dari 40 ribu ekor. Dan kekurangan kita memang hingga saat ini kita masih perlu dokter hewan ,” ujar JokoPurwono.

Terpisah Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menyatakan formasi dokter hewan setiap tahun diusulkan. Tapi kebijakannya berada di tangan pemerintah pusat.

“Formasi dokter hewan setiap ada penerimaan ASN selalu kami usulkan, tetapi kebijakan tetap berada di tangan pemerintah pusat, mungkin karena banyak daerah yang juga meminta kita belum dapat, dan kita berharap dalam penerimaan ASN tahun ini Way kanan akan mendapatkan formasi tersebut,” katanya. (sah/wdi)




  • Bagikan