Dear Pencaker, Ini Kata BPKSDM Tubaba Soal Rekrutmen CPNS dan P3K

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Para pencari kerja (pencaker) yang ingin menjadi pegawai negeri sipil atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Tulangbawang sepertinya harus bersabar. Pasalnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tubaba belum menerima informasi jadwal rekrutmen CPNS dan P3K.

Hal ini ditegaskan Feri Yanto, S.IP, MM, Kabid Pengadaan, Pemberhentian, Informasi dan Fasilitasi Profesi ASN, mendampingi Kepala BKPSDM Tubaba Novian Priahutama, SE, MM, di ruang kerjanya, Selasa (16/3).

Menurut Feri, BKPSDM juga menunggu informasi resmi tersebut. Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) maupun Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kalau untuk penerimaan pada tahun ini memang ada, baik CPNS maupun P3K. Tapi, untuk jadwalnya belum diketahui, karena sampai saat ini kami belum menerima informasi resmi terkait hal itu. Yang jelas, Pemkab Tubaba sudah menyampaikan usulan kebutuhan pegawai ke Kemenpan-RB sejak Agustus 2020 lalu,”ungkapnya.

Tahun ini, lanjutnya, Pemkab Tubaba melalui BKPSDM kembali mengajukan penambahan ribuan pegawai baru kepada pemerintah pusat. Pengajuan kebutuhan pegawai tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi E-Formasi Kemenpan-RB. Usulan formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diharapkan dapat terakomodir pada rekrutmen Tahun 2021 tersebut tetap didominasi tenaga teknis dan guru.

Total, ada 2.537 formasi CPNS yang diusulkan, sementara P3K sebanyak 898 formasi. Angka kebutuhan pegawai ini didapat melalui Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) yang disusun oleh Bagian Organisasi.”Untuk formasi CPNS terdiri dari 1.001 Tenaga Guru, 359 Tenaga Kesehatan, 1.170 Tenaga Teknis, dan 7 P3K Non-Kemendikbud. Sedangkan untuk usulan formasi P3K Kemendikbud ada sebanyak 898 formasi yang dikhususkan bagi guru yang sudah terdata di Kemendikbud,”terangnya.

Sejauh ini, pihaknya masih terus berkoordinasi, baik dengan provinsi maupun pusat untuk mencari informasi tentang rekrutmen CPNS dan P3K tahun ini. Informasi sementara, tandasnya, menyebutkan bahwa saat ini Kemenpan RB masih melakukan tahapan validasi terhadap seluruh usulan kebutuhan pegawai.”Yang pasti, kita belum bisa berandai-andai kalau semuanya belum jelas. Jadi, kita tunggu saja informasi resminya, baik dari Kemenpan-RB maupun BKN,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)





  • Bagikan