Dear Warga Tiyuh Gedung Ratu, Pemkab Tubaba Siap Bangun Jalan ke Way Kanan

  • Bagikan
Sumardi, ST (Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tubaba).

RADARLAMPUNG.CO.ID-Akses transportasi masyarakat di Tiyuh Gedung Ratu, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), akan semakin lancar dari sebelumnya. Bahkan, tidak hanya bagi warga yang ada di tiyuh tersebut, para pengguna jalan lainnya pun akan ikut merasakannya.

Betapa tidak, Pemkab Tubaba melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melaksanakan pembangunan di ruas jalan yang ada di tiyuh setempat. Pembangunan jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut tepatnya di ruas jalan Tiyuh Gedung Ratu menuju SP5 Tegal Mukti, Kabupaten Way Kanan.


“Proyek tersebut sudah siap dan tinggal pengerjaanya lagi, karena tanggal 8 Februari 2021 sudah tanda tangan kontrak dengan pihak rekanan. Untuk anggarannya senilai Rp4 miliar bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2021,”ungkap Sumardi, ST, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tubaba kepada wartawan, Kamis (25/2).

Baca Juga:   Tubaba Prioritas Rampungkan Tujuh Perda, Apa Saja ?

Dia menjelaskan, peningkatan jalan dari lapen ke hotmix tersebut akan dimulai dari tugu lapangan sepak bola Tiyuh Gedung Ratu ke arah ke SP5 Tegal Mukti-Way Kanan, dengan lebar jalan 3,5 meter. “Sebelum di hotmix ada pengerasan jalan menggunakan base A dan base B sepanjang 450 Meter dan perbaikan lapen terlebih dahulu,”terangnya.

Untuk pengerjaannya, kata dia, pihak kontraktor memiliki waktu selama 6 bulan terhitung sejak penandatanganan kontrak. “Mengenai kapan mulai dikerjakannya jalan itu sudah menjadi hak pihak kontraktor. Ya mungkin sekarang mereka lagi mempersiapkan diri, mulai dari pekerja hingga peralatan yang akan digunakan dalam proyek tersebut,”tandasnya.

Peningkatan jalan lapen ke hotmix tersebut disambut gembira oleh masyarakat sekitar dan para pengguna jalan, sebab ruas jalan tersebut adalah salah satu jalur transportasi utama, salah satunya dilintasi warga dalam mengeluarkan hasil bumi dari perkebunan.”Kami tentu sangat senang, karena sebentar lagi transportasi akan semakin lancar. Ini juga kan termasuk jalan penghubung menuju kabupaten tetangga,”singkat Lidin (35), warga sekitar. (fei/rnn/wdi).




  • Bagikan