Dengan All In One, Layanan Adminduk Tubaba Akan Semakin Mudah

  • Bagikan
Kepala Disdukcapil Kabupaten Tubaba Drs. Ahmad Hariyanto, MM. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID- Komitmen untuk meningkatkan pelayanan hingga menjangkau masyarakat secara luas terus dipotimalkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Masyarakat pun dihimbau untuk  memahami dan menyadari betapa pentingnya dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tubaba Drs. Ahmad Hariyanto, MM, mengatakan, sejumlah kebijakan dan inovasi pelayanan sudah dihadirkan ke tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan yang prima.


“Komitmen bahwa masyarakat harus diberikan pelayanan semaksimal mungkin agar kepemilikan Adminduk nya terpenuhi terus kita optimalkan. Nah, upaya ini tentunya juga harus didukung oleh kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya adminduk bagi mereka,”ungkapnya.

Dalam hal inovasi pelayanan, Disdukcapil Tubaba menurutnya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Bahkan, berbagai program dihadirkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil. Salah satunya Program Layanan Terintegrasi (All in One).

Baca Juga:   bjb Solo Local Festival Dorong Generasi Muda Majukan Wirausaha

“Selain untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya melengkapi dokumen kependudukan, layanan terintegrasi ini juga dimunculkan agar menjadi acuan bagi jajaran pegawai Disdukcapil untuk bekerja proaktif memberikan pelayanan kepada masyarakat,”terangnya.

Program layanan terintegrasi tersebut dipastikan akan lebih memudahkan masyarakat, sebab mengurus berbagai jenis adminduk sekaligus akan dilakukan menjadi satu layanan saja.“Ketika masyarakat ada yang mengurus Kartu Keluarga (KK), pada hari tersebut mereka juga akan mendapatkan dokumen Akte Kelahiran, KTP elektronik sepanjang dokumen belum tercetak dan persyaratannya terpenuhi,”jelasnya.

Menariknya, pelayanan ini juga bisa dilayani secara online tanpa harus ke Kantor Disdukcapil, yakni dengan mengakses aplikasi e-smile. Jadi, untuk mengurus dokumen yang perlukan tinggal memasukkan persyaratan yang dibutunkan ke dalam aplikasi ini.

Baca Juga:   bjb Solo Local Festival Dorong Generasi Muda Majukan Wirausaha

“Kalaupun langsung datang ke kantor, mereka pun tidak harus bolak-balik mengurus dokumen kependudukan karena pada hari itu juga mereka mendapatkan semua pelayanan kependudukan, tinggal siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebelum berangkat,”tandasnya.

Disdukcapil pun akan terus menggenjot kesiapan sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) yang ada, sehingga program ini dapat berjalan dengan maksimal sesuai apa yang diharapkan.”Kami berharap, masyarakat dapat memanfaatkan lelayanan tersebut dengan sebaik-baiknya, terumatama dalam hal menlengkapi dokumen kependudukan,”pungkasnya.(fei/rnn/wdi)




  • Bagikan