Dengan DAK, Program Diversifikasi Pangan Tubaba Segera Berjalan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Program Diversifikasi pangan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat akan segera berjalan. Dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dari pemerintah pusat, program tersebut akan menyasar 7 (tujuh) Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di daerah setempat.

Kepala DKP Kabupaten Tubaba, Aprizal Puji Harapan, SH, mengatakan, kelompok penerima bantuan DAK tersebut akan ditetapkan oleh pemerintah pusat berdasarkan pengajuan tahun 2020 lalu. Sementara untuk penyaluran bantuan, kata dia, rencananya akan mulai dilakukan pada bulan April-Mei mendatang.

“Masing-masing KWT nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp55 juta, yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing KWT yang telah ditetapkan. Kita berharap secepatnya terealisasi sehingga program pun dapat segera berjalan,”ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (23/3).

Baca Juga:   Penerapan Prokes di Tubaba Harus Lebih Diperketat!

Dalam menjalankan program tersebut, lanjut Aprizal, setiap KWT nantinya akan memanfaatkan pekarangan, seperti kegiatan dalam program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) atau Pekarangan Pangan Lestari (P2L).”Mereka (KWT) akan menanam sayur-sayuran atau bahan pangan lainnya dengan sistem hidroponik. Dalam pelaksanaannya, DKP akan memberikan pendampingan,”ujarnya.

Dengan program tersebut, pihaknya berharap dapat memotivasi masyarakat untuk tidak terpaku hanya pada satu jenis makanan pokok saja. Dengan kata lain, tandasnya, program diversifikasi pangan tersebut juga dalam rangka penyediaan pangan alternatif.

Tidak hanya itu, jika ditekuni juga dapat menjadi potensi bertumbuhnya UMKM, terutama dalam hal penyedia pangan.“Kita berharap program ini berjalan sukses dan dapat terus dikembangkan sebagai upaya menjaga ketahan pangan dan kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)



  • Bagikan