Dengan Semangat Saling Membantu, Circle of Charity Dilaunching

  • Bagikan
Ketua DPP Apindo Lampung Ary Meizari Alfian meresmikan peluncuran program Circle if Charity (CoC) Apindo, Sahabat Sedekah Lampung, FCL, dan IGMHA, di Dapur Dif_able, Jl Diponegoro 14, kompleks kantor PT PLN (Persero) UP3 Tanjungkarang, Bandarlampung, bertepatan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8). Sumber Foto Apindo Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung menggelar program Circle of Charity (CoC). Dalam kegiatan ini Apindo menggandeng komunitas relawan Sahabat Sedekah Lampung, Forum CSR Lampung (FCL), dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Lampung.

Program ini diluncurkan bertepatan HUT ke-76 RI di Dapur Dif_able, Jl Diponegoro 14, kompleks kantor PT PLN (Persero) UP3 Tanjungkarang, Bandarlampung, Selasa (17/8).


Turut hadir dalam launching itu Wakil Ketua I Apindo Lampung Adi Susanto, pemrakarsa program/Wakil Ketua II Dr Veronica Saptarini, Kabid Kessos Enita Agustri Niarsih, dan pengurus bidang/ketua pelaksana program, Mery Destianty. Serta, Eti, koordinator Sahabat Difabel Lampung (Sadila), dan difabel relawan transporter.

“Kegiatan lanjutan ini bukan sekedar galang dana, tapi ini penggalangan kebersamaan semangat dan daya warga menanggulangi pandemi,” ujar Ary.

Menurut Ary, CoC melibatkan komunitas penyandang disabilitas dan anggota panti asuhan berketerampilan sebagai pelaksana. Dan penerima paket bantuan adalah warga terdampak pandemi covid-19.

“Seperti warga isoman, pedagang kecil, tukang ojek, pemulung, warga berkebutuhan khusus dan tak mampu bekerja. Bingkisan bagi nakes, petugas kebersihan, petugas pemakaman covid-19. Bantuan masakan, makanan kemasan, buah-buahan, sembako. Tak tertutup kemungkinan, bantuan diberikan berbentuk tabung oksigen dan tes PCR bagi yang tak mampu. Edukasi dan sosialisasi penanganan sampah rumah tangga juga menjadi bentuk kegiatan program,” papar dia.

Baca Juga:   Inovasi Rerbaru Dari AQUA Japan Dikenalkan Dalam Virtual Media Luncheon 2021

Mery Destianty menambahkan, setiap organisasi atau komunitas tergabung bisa tentukan sendiri pelaksana program. Apakah berasal dari pekerja penyandang disabilitas, atau anggota panti asuhan yang terampil. Komunitas penggalang juga bisa tentukan sendiri kelompok penerima paket bantuan.

“Komunitas donatur bisa langsung pantau apakah bantuan telah diserahkan dengan tepat. CoC ini juga bisa diikuti perorangan. Saat menyerahkan donasi, donatur individu dapat langsung menunjuk pelaksana dan penerima bantuan. Bantuan bisa berupa produk makanan, tabung oksigen, tenaga, atau donasi senilai Rp15 ribu per paket,” ucap Kadis PPPA Lampung Tengah itu.

Koordinator Sahabat Sedekah Lampung Dyah Etika WS menjelaskan, anggota tim, menyatakan, program ini berikan banyak manfaat. Saat  anak-anak panti asuhan atau yang berkebutuhan khusus siapkan bantuan, mereka mendapat penghasilan dari pekerjaan yang mereka lakukan. Setelah itu hasil pekerjaan mereka diberikan ke mereka yang butuhkan bantuan.

Baca Juga:   Sinergi Terbentuk, Bisnis BRI Didorong Dari Mikro, Oleh Mikro, Dan Untuk Mikro

“Inilah yang disebut Circle of Charity. Ini buat lingkaran kebaikan meluas. Karena itu kami Sahabat Sedekah Lampung sangat antusias mendukung program ini,” katanya.

Lantas bagaimana jika ingin berdonasi ? “Kumpulkan dari komunitas/teman-teman dan komunitas pengumpul, langsung tunjuk komunitas penerima bantuan. Donasi Rp15 ribu/paket bisa ditransfer ke rekening Bank Mandiri 114.001.0999640 atau BNI 700.800 2409 atas nama Dyah Etika WS,” katanya.

Dilaporkan, donasi terhimpun hingga Rabu (18/8/2021), berasal dari sejumlah donatur institusi atau individu tergabung.  “Berbagi dari kelimpahan itu biasa, tetapi berbagi dari keterbatasan, itu luar biasa. Dengan hanya Rp15 ribu. Saat semua tangan menyatu, akan banyak yang terbantu,” tutup Ary Meizari Alfian. (rls/wdi)




  • Bagikan