Desa di Pesawaran Ini Masuk 100 Besar Nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia

  • Bagikan
Desa Harapan Jaya Masuk nominasi ADWI 2021 Kemenparekraf. Foto dok Edy Susanto/radarpesawaran.

RADARLAMPUNG.CO.ID- Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran masuk nominasi 100 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Event ini diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Yudiana mewakili Kepala Dinas Pariwisata mengatakan sebelumnya Kabupaten Pesawaran dengan Desa Wisata Harapan Jaya masuk nominasi 300 besar desa wisata di Indonesia. Dan kini Desa Wisata Harapan Jaya masuk dalam nominasi 100 desa wisata.


“Potensi alam pedesaan di Desa Harapan Jaya yang dikelola dengan baik oleh desa menjadikan Desa Harapan Jaya ini memiliki daya tarik tersendiri bagi industri pariwisata kita,” ujar Yudiana, Minggu (22/8).

Dijelaskan, terdapat beberapa kategori penilaian dari Kemenparekraf dalam melihat potensi alam dan pariwisata desa peserta ADWI 2021. Diantaranya potensi dan fasilitas objek wisata desa, budaya di lokasi wisata, hasil produksi kerajinan tangan, dan penguasaan terkonologi informasi di desa.

Baca Juga:   Bantuan 200 Ribu Bibit Kakao untuk Petani Pesawaran

“Desa Harapan Jaya sendiri memiliki beberapa obyek wisata, yakni Air Terjun Sinar Tiga, Bukit Cendana Park, Bukit Lantana, Agrowisata, serta Home Stay Desa Wisata,” ungkap Yudiana.

Dikatakan, obyek wisata di Desa Harapan Jaya menggunakan konsep Comunity Base Tourisme atau pariwisata berbasis masyarakat.

“Desa Harapanjaya memenuhi indikator penilaian sebagai Desa Wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Parekraf, dan target kita masuk 10 besar nasional,” ujarnya.

Diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan seratus desa yang lolos seleksi dalam penghargaan ADWI melalui jejaring media sosial pada Jumat (20/8) lalu.

Sandiaga mengumumkan dua desa di Lampung masuk nominasi 100 besar, yakni Desa Harapanjaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran dan Desa Rigisjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Sementara, Kepala Desa Harapan Jaya, Susalit Cokro Aminoto mengaku bersyukur dengan masuknya Desa Harapan Jaya sebagai nominator 100 besar desa wisata di Indonesia. Dimana, pengelolaan Desa Wisata Harapan Jaya dilaksanakan oleh BUMDes Jaya Mandiri yang memiliki beberap sub bidang pengelolaan wisata, seperti pengelolaan obyek wisata, pengelolaan UKM masyarakat, dan pasar wisata.

Baca Juga:   Sehari Beraksi, Tiga Bandit Diciduk

“Kedeoan langkah kami akan terus berbenah agar Desa Harapan Jaya setidaknya bisa masuk nominasi 10 besar. Namun hal ini tentunya memerlukan dukungan dari semua pihak,” tuturnya.

Susalit juga mengungkapkan, dengan masuknya Desa Harapan menjadi nominator desa wisata setidaknya bisa mengangkat nama desa yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat Desa Harapan Jaya.

“Kami sangat berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga perekonomian masyarakat Desa Harapan Jaya bisa pulih kembali. Karena saat ini, dengan kondisi buka tutupnya obyek wisata sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat,” tandasnya. (esn/rnn/ozi)




  • Bagikan