Destinasi Wisata Buka Kembali, PAD Pesawaran Berpotensi Meningkat

  • Bagikan
Ilustrasi PAD sumber radarsolo.jawapos.com

Radarlampung.co.id- Dengan kembali dibukanya destinasi wisata di Pesawaran, diharapkan pajak hiburan dan hotel dapat menopang peningkatam
Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten setempat.

“Memang level PPKM di Pesawaran baru beberapa waktu lalu diturunkan. Kita berharap destinasi wisata yang sudah berangsur mulai buka, kedepan dapat meningkatkan PAD dari sektor pajak hiburan dan hotel atau penginapan,” ungkap Kepala Bapenda Pesawaran, Wildan melalui Kabid Pajak Daerah dan Lainnya Syarif Husin, Minggu (19/9)


Dikatakan, dengan dibukanya kembalikan tempat wisata, pihaknya secara berkala akan monitoring sejauh mana tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Pesawaran.

“Untuk pajak lainnya seperti reklame sifatnya flat, insyaallah tercapai. Kemudian pajak restoran, pajak parkir pun demikan. Yang cukup dirasakan berpangaruh sejak PPKM ya tadi, pajak hiburan dan hotel,” jelasnya.

Baca Juga:   HDCI Peduli Bangsa Bagikan 3 Ton Beras

Menurut Syarif, jika tempat usaha wisata tidak buka, secara otomatis pajak hiburan dan hotel tidak ada realisasi yang siginifikan. Dimana sejak level PPKM dijalankan, realisasi penerimaan pajak hiburan dan hotel belum mencapai di prosentase 10 persen.

“Namun untuk pejak restoran masih tetap berdenyut. Namun kita optimis hingga akhir tahun, ada peningkatan realisasi pajak, terutama hiburan maupun pajak hotel,” pungkasnya.(ozi/wdi)

 

Realisasi pajak hingga September

Pajak realisasi. Persentasi

Hotel. 10.060.000. 4 persen
Hiburan. 5.200.000. 10.40 persen
Restoran 1.704.875.959. 97,42 persen




  • Bagikan