Di Lampung, 5 Ribu CJH Lunasi BPIH

  • Bagikan
Kasubbag Humas Kemenag Lampung Istutiningsih

radarlampung.co.id-Sebanyak 5.098 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Provinsi Lampung telah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Sedangkan total kuota haji Lampung tahun ini adalah sebanyak 7074.

Kasubag Informasi dan Humas (Inmas) Kanwil Kemenag Lampung,  Istutiningsih mengatakan,  data tersebut per Selasa,  3 April 2019.  “Data per selasa itu. Sudah 72 persen, ” jelasnya kepada radarlampung.co.id,  Kamis (4/4).



Tuti,  sapaanya,  melanjutkan,  untuk pelunasan  tahap I dimulai 19 Maret-15 April 2019 dan tahap kedua mulai tanggal 30 April-10 Mei 2019. “Ya kami harap kepada seluruh CJH yang belum melakukan pelunasan,  disegerakan. Sebab akses pelunasan juga saat ini sudah lebih mudah, ” kata dia.

Baca Juga:   Pembangunan Gedung UMKM Center Bakal Berkoordinasi dengan Bank Himbara

Diketahui BPIH Tahap I  reguler 2019 ditutup sekitar sepuluh hari lagi. Kementerian Agama (Kemenag) mencatat pergerakan pelunasan beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Data terakhir sampai Selasa (2/4) sebanyak 153.333 calon jamaah haji (CJH) sudah melunasi BPIH. (abd)

Sementara untuk level nasional Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis menuturkan jumlah CJH yang sudah melunasi sebanyak 153 ribuan. Atau setara dengan 75 persen kuota jamaah. “Secara umum persentase pelunasan di hampir setiap provinsi sudah di atas 60 persen,” katanya kepada Fajar Indonesia Network (grup radarlampung.co.id), rabu (3/4).

Baca Juga:   Sambut Kunjungan Ganjar Pranowo, Gubernur Arinal Djunaidi Harapkan Bertukar Informasi Tentang UMKM

Lebih lanjut dia mengatakan persentase pelunasan terbesar adalah Provinsi Bangka Belitung. Di provinsi yang populer dari film Laskar Pelangi ini tingkat pelunasannya sudah mencapai 87 persen. Sementara itu tingkat pelunasan yang terkecil ada di Provinsi Kalimantan Tengah dengan jumlah 57 persen.

Baca Juga:   Sambut Kunjungan Ganjar Pranowo, Gubernur Arinal Djunaidi Harapkan Bertukar Informasi Tentang UMKM

Data Kemenag menyebutkan pelunasan terbanyak ada di Jawa Barat dengan jumlah 31.121 orang CJH atau sekitar 80 persen. Kemudian disusul Provinsi Jawa Timur sebanyak 26.071 orang CJH (74 persen), Jawa Tengah sebanyak 23.084 orang (76 persen), Banten sejumlah 7.641 orang (81 persen), dan Sumatera Utara ada 6.313 orang atau sekitar 76 persen. (abd/wdi)






  • Bagikan