Di RAPBDP, Belanja Daerah Lamsel Bertambah

  • Bagikan

radarlampung.co.id – DPRD Lampung Selatan melaksanakan Paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Perubahan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2019.

Sekretaris Daerah Ir. Fredy SM, MM menjelaskan, pada Rancangan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019, dialokasikan Anggaran Belanja sebesar Rp.2.397.142.749.398,12 bertambah sebesar Rp.35.124.775.389,12 bila dibandingkan dengan sebelum perubahan.

“Penambahan ini, akan digunakan untuk Belanja Tidak Langsung sebesar Rp.631.472.090,10 dan Belanja Langsung sebesar Rp.34.493.303.299,02,” ungkapnya, selasa (30/7).

Fredy menambahkan, pada Belanja Tidak Langsung, dianggarkan untuk pembayaran tunjangan dan tambahan penghasilan guru, iuran JKK dan JKM, Insentif pemungutan retribusi daerah, belanja hibah kepada institusi vertikal, bantuan sosial kepada masyarakat dalam bentuk dana stimulan untuk instalasi pembuangan air limbah komunal (yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus) dan perumahan swadaya.

Baca Juga:   Polres Lamsel Amankan Pelaku Pemalsuan Surat Rapit Antigen di Bakauheni

“Kami juga menambah Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa yang bersumber dari SiLPA 2018,” ujarnya.

Untuk belanja langsung, sambung Fredy, akan dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan yang memiliki keterkaitan langsung dengan masyarakat, seperti Peningkatan kualitas Pendidikan, melalui pengadaan sarana dan prasarana sekolah seperti pembangunan ruang kelas SD.

Kemudian, Peningkatan pelayanan pada bidang kesehatan, dengan meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, seperti alat kesehatan Kedokteran Umum serta alat penunjang medis lainnya untuk peningkatan pelayanan, penambahan tenaga medis pada FKTP dan RSUD serta penambahan peserta PBI APBD (JKN) sebanyak 10.000 peserta.

Selanjutnya, Percepatan pembangunan dengan penganggaran perencanaan fisik untuk Tahun 2020 dialokasikan pada APBD Perubahan Tahun 2019, hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan pembangunan fisik pada Tahun 2020 dapat dilaksanakan pada awal tahun 2020.

Baca Juga:   Polres Lamsel Amankan Pelaku Pemalsuan Surat Rapit Antigen di Bakauheni

“Kami juga akan mempercepat pembangunan infrastruktur wilayah melalui pembangunan jalan, sesuai dengan program prioritas yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Lampung Selatan serta akan dialokasikan Pembayaran tunggakan beban lampu jalan,” bebernya. (yud/wdi)




  • Bagikan