Di Waykanan, 4 Ribu Jiwa Belum Rekam e-KTP

  • Bagikan
Drs. Hi Alansyah Ibrahim, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Waykanan. Foto Hermansyah/Radar Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID- Masalah perekaman e-KTP juga terjadi di Kabupaten Waykanan. Tercatat sebanyak 4.629 orang atau 1.35 % wajib KTP di Waykanan belum melakukan perekaman. Hal ini diungkapkan Drs. Hi Alansyah Ibrahim, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Waykanan, Senin (7/1).

Ditambahkan Sekretaris Disdukcapil Syahrul Muharomi, sebanyak 338 332 orang atau 98, 65 persen telah melakukan perekaman e-KTP.

Terkait adanya pembekuan data akses kependudukan, dirinya menyatakan warga Waykanan yang dibekukan data akses kependudukannya harus secepatnya datang ke Disdukcapil Waykanan. “Tujuannya guna melakukan perekaman. Sebab kalau tidak bisa jadi warga tersebut akan semakin mengalami kesulitan di masa yang akan datang,” katanya.

Sebelumnya, Disdukcapil Lampung menyatakan, Sebanyak 537 ribu penduduk Lampung dinonaktifkan akses kependudukannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diadukcapil) Provinsi Lampung, Achmad Syaefullah mengatakan, ratusan ribu data kependudukan warga yang dinonaktifkan itu karena belum melakukan perekaman e-ktp per 31 Januari 2018. Penonaktifan merujuk regulasi yang dikeluarkan oleh Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil tahun lalu.

“Data Akses Kependudukan saja yang dinonaktifkan. Nantinya, jika yang bersangkutan melakukan perekaman maka akses kependudukannya aktif lagi, ” ujarnya kepada radarlampung, Senin (7/1). (sah/wdi)

 




  • Bagikan