Disperindag Mesuji Pasarkan Kerajinan Tangan Olahan Lokal

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam mengembangkan kemajuan ide kreatif masyarakat Mesuji di bidang kerajinan tangan, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Mesuji berinisiatif memasarkan produk hasil olahan.

Kepala Dinas Koperindag Mesuji Elvita mengatakan, memasarkan produk olahan ini, agar produk asli mesuji dapat dikenal masyarakat luas.



“Intinya kita melakukan pembinaan terlebih dahulu, supaya jiwa pengrajin muda bisa tumbuh membuat Inovasi baru, karena rata-rata pengrajin kreatif ini, berasal dari kalangan usia tua,” Ungkapnya, Rabu (5/1).

Dia merinci, jumlah hasil olahan IKM masyarakat Mesuji yang sudah terdata di koperindag di 7 Kecamatan, Mesuji yakni Kecamatan Simpang Pematang sebanyak 69 orang, Panca Jaya 20, Tanjung Raya 36, Mesuji 27, Rawa Jitu Utara 41, Mesuji Timur 22, dan Way Serdang 157 orang.

“Masing-masing dari pengrajin lebih dominan ke usaha tempe, karena mudah dalam pembuatannya, sedangkan kita perlu pengembangan inovasi lain seperti Lidi Nipah dijadikan keranjang buah, tas yang orang lain jarang mengetahui dan bahan bakunya mudah ditemukan pinggiran sungai,” Bebernya.

Menurutnya, Pada tahun 2022 ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan para pengusaha besar untuk memasarkan produk olahan lokal asli Mesuji.

“Ada beberapa lokasi pasar yang kami tempatkan produk olahan lokal, sepert pameran Pasar Bazar, Rest area, toko swalayan dan lainnya supaya usaha mereka tidak berhenti ketika mulai berjalan terhambat karena pemasaran produk tidak mampu,” Ujarnya. (muk/yud)






  • Bagikan