Difasilitasi Bupati, Penyandang Disabilitas asal Tuba Dapat Bea Siswa di UBL

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang (Tuba) berhasil memfasilitasi salah satu warganya untuk mewujudkan cita-cita menjadi seorang arsitek. Dia adalah Aziz Hermawan (21), penyandang disabilitas asal Kampung Sukarame, Kecamatan Meraksaaji.

”Aziz menjadi penyandang disabilitas sejak kelas dua SMP,” kata Bupati Tulangbawang Winarti kepada Radarlampung.co.id, Senin (28/1).


Diceritakan, berawal saat Aziz mengalami kecelakaan, terjatuh dari pohon rambutan. Pascaperistiwa, Aziz mengalami retak tulang ekor dan patah tulang kaki. “Saat kelas dua SMA, Aziz lumpuh dan tidak bisa menggerakan kedua kakinya,” sebut dia.

Namun keterbatasan tidak menghalanginya untuk terus belajar dan meraih mimpi menjadi seorang arsitek. “Niat dan tekadnya untuk sekolah tidak surut. Sakit tidak dihiraukan. Aziz tetap sekolah dan terus belajar serta membaca buku favorit tentang bangunan,” urainya.

Baca Juga:   Bupati Tinjau Tes PPPK Guru

Keterbatasan fisik membuat Aziz hanya dapat duduk di rumah. Secara otodidak, ia belajar dengan memanfaatkan lidi untuk membuat miniatur gedung, menara dan bangunan lainnya.

Semua yang ada di benak pemuda 21 tahun itu dituangkan dalam sebuah gambar sketsa. Lalu diaplikasikan dalam bentuk miniatur.

Melihat semangat, kegigihan dan potensi Aziz, Winarti mencoba memfasilitasinya untuk meneruskan pendidikan. Terbaru, bupati mengajak pihak Rektorat Universitas Bandar Lampung (UBL) untuk menyalurkan CSR berupa beasiswa.

Keinginan Winarti disambut baik oleh Wakil Rektor II UBL Harpain. “Pak Rektor sudah tahu. Beliau menyampaikan akan memberi fasilitas perkuliahan pada Aziz sampai selesai. Tidak ada biaya apapun. Pak Rektor juga berterima kasih kepada Ibu Bupati Winarti karena telah mempertemukan kami (UBL, Red) dengan Aziz. Dia adalah aset kita. Bukan hanya Tulangbawang, tetapi Indonesia,” kata Harpain sesaat sebelum meninggalkan rumah dinas Bupati Tulangbawang. (nal/ais)




  • Bagikan