Digaji Rp750 Ribu Sebulan, Relasi Wajib Bantu KPU

  • Bagikan
RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 55 Pemilih di Bandarlampung ditetapakn sebagai Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019. Mereka dituntut aktif dalam membantu KPU selama gelaran Pemilu 2019.
Komisioner KPU Bandarlampung Fadilasari mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan rekrutmen 55 orang relasi untuk dibagi dalam 11 basis pemilih.
Sayang, nampaknya relasi agak kurang diminati. Sebab, Ila -sapaan akrab Fadilasari mengaku tidak semua basis diisi lima orang. Beberapa basis relawan cukup sepi peminat.
“Jadi kan satu basis itu lima orang. Tapi ada beberapa yang nggak mencukupi. Jadi kalau menurut juknis rekruitmen Relasi dari KPU RI, bila salah satu basis tak sampai lima, maka ditambahkan ke basis yang lain. Sehingga cukup,” jelas Ila melalui sambungan telpon, Senin (21/1).
Ia menambahkan, setelah ditetapkan ke-55 Relasi akan diberikan pembekalan lebih dahulu oleh KPU Bandarlampung, untuk selanjutnya akan berkoordinasi mengenai tugas kepemiluan.
Sementara nantinya, Relasi akan mendapatkan honor sebesar Rp750 ribu setiap bulannya dengan masa kerja selama tiga bulan.
“Pembentukan relawan itu dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi di tiap basisnya masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Di mana untuk memenuhi target partisipasi 77,5 % partisipasi pemilih,” tandasnya.
Ditempat berbeda, Komisioner KPU Lampung Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) Antoniyus Cahyalana menambahkan, setiap kabupaten/kota juga diberikan sebanyak 55 orang relasi. Dan akan memulai tugasnya mulai Januari ini.
“Tim Relasi yang utama ini dibentuk untuk membantu KPU melakukan sosialisasi setiap tahapan pemilu. Kemudian Relasi juga harus memberikan pendidikan politik kepada pemilih. Intinya mereka direkrut untuk membantu KPU,” jelas Anton. (rma/kyd)



  • Bagikan