Diminta Pindah, Pedagang Ngadu ke DPRD Pesbar

  • Bagikan
Pedagang di kawasan Tugu Merdeka Pasar Pagi, Kelurahan Pasar Kota Krui, Pesisir Tengah mendatangi kantor DPRD Pesisir Barat, Selasa (7/1). Ini terkait rencana pemkab untuk merelokasi mereka ke Pasar Way Batu. FOTO YAYAN PRANTOSO/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Puluhan pedagang di seputaran segitiga Tugu Merdeka, Pasar Pagi, Kelurahan Pasar Kota Krui, Pesisir Tengah, Pesisir Barat (Pesbar), mendatangi kantor DPRD, Selasa (7/1). Mereka mengadukan langkah Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) yang meminta pedagang pindah atau mengosongkan kios, terhitung Kamis (9/1).

Salah seorang perwakilan pedagang, Nekitiadi mengatakan, sebelumnya mereka telah mengirimkan surat ke DPRD Pesbar meminta audiensi yang dijadwalkan hari ini. Tujuannya mengadukan keresahan para pedagang terkait rencana relokasi. Di mana, kawasan Tugu Merdeka akan ditata dan diperluas.


“Selain itu, ada surat imbauan dari Diskoperindag agar pedagang segera pindah atau mengosongkan kios hingga tanggal 9 Januari 2020. Kami meminta solusi dari wakil rakyat,” katanya.

Baca Juga:   DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan MoU KUPA PPAS-P 2021

Pedagang lain, Alpian mengatakan, pada 2019 lalu pemkab sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang terkait rencana penataan Kota Krui dan perluasan Tugu Merdeka. Bahkan pada Desember 2019 lalu, pedagang sudah mendapat imbauan untuk menempati kios Pasar Way Batu, Kecamatan Pesisir Tengah. Namun belum ada solusi yang terbaik dari pemkab.

“Selain itu, kondisi kios di Pasar Way Batu dinilai kurang layak karena sangat kecil. Kemudian tidak bisa dijadikan sebagai tempat tinggal seperti ruko,” jelasnya.

Sementara, Wakil Ketua II DPRD Pesbar Ali Yudiem mengatakan, aspirasi pedagang akan disampaikan dan dibahas bersama di tingkat DPRD. ”Ini akan kita sampaikan ke anggota DPRD maupun komisi yang membidanginya. Kita juga akan memanggil OPD terkait maupun pedagang untuk mengagendakan rapat bersama di DPRD secepatnya,” kata Ali.

Baca Juga:   DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan MoU KUPA PPAS-P 2021

Terpisah, Kabid Perdagangan Suparmi mewakili Kepala Diskoperindag Pesbar Herizan membenarkan pihaknya sudah mengirimkan surat kepada para pedagang di kawasan Tugu Merdeka agar pindah ke Pasar Way Batu.

”Pedagang merupakan binaan Diskoperindag. Terlebih di kawasan Tugu Merdeka rencananya akan ditata. Jika masih ada pedagang yang belum pindah, tentu kami akan tetap mengimbau kembali,” tegasnya. (yan/ais)




  • Bagikan