Dinas Ketahanan Pangan Bangun 70 Lumbung Pangan


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tubaba Aluwan. Foto ist

radarlampung.co.id-Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, merencanakan pembangunan 70 Lumbung Pangan di 2020. Kepastian ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tubaba Aluwan.

Menurutnya, pengajuan proposal sebanyak 70 Lumbung Pangan ke Pemerintah Pusat tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat Tubaba melalui Kelompok Tani (Poktan) yang masih banyak membutuhkan bantuan dari program.





“Untuk mengajukan proposal Lumbung Pangan itu, maka saya mungkin dalam bulan ini atau bulan depan akan berangkat ke Jakarta, dalam proposal itu kita ajukan sebanyak 70 Lumbung Pangan, namun berapa nanti yang di ACC oleh pusat kita tidak tahu.” Kata Aluwan lagi

Lumbung pangan tersebut sangat penting, karena salah satu tujuannya adalah untuk menahan lonjakan harga jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pangan seperti harga beras, karena masyarakat kita sudah memiliki cadangan padi di lumbung pangan.

“Lumbung pangan itu jika terealisasi nanti kita salurkan melalui Kelompok Tani (Poktan) yang sudah mengajukan proposal ke kita, dan akan kita lihat juga keadaannya nanti bagaimana.”jelasnya.

Lebih jauh ia jelaskan, lumbung pangan itu tidak hanya untuk beras, melainkan bisa juga bahan pangan yang lain seperti Jagung dan lainnya.

“Semoga saja program ini bisa terealisasi dari pusat, sehingga 2020 nanti akan kita salurkan, dan pengajuan tersebut memang dari tahun ini, untuk itulah sama-sama kita berharap untuk kemajuan masyarakat Tubaba.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi)