Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Beri Pendampingan Arsip Enam OPD

  • Bagikan
Pendampingan kepada enam organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pesawaran. Kegiatan tersebut sebagai upaya penataan kearsipan di lingkup pemkab dan dalam rangka Pesawaran menuju Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pesawaran memberikan pendampingan kepada enam organisasi perangkat daerah (OPD).

Kegiatan tersebut sebagai upaya penataan kearsipan di lingkup pemkab dan dalam rangka Pesawaran menuju Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).



Penataan arsip dengan pendampingan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pesawaran

Pejabat fungsional Arsiparis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran Yunnaini Susmira Amandati, S.E., M.M. mengatakan, pendampingan arsip sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 43/2009 tentang Kearsipan.

Enam OPD yang diberikan pendampingan penyusunan arsip yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, DPMPTSP, BKPSDM, BPKAD, Bappeda dan Sekretariat DPRD.

Arsip yang belum tertata

“Kami secara door to door ke enam OPD, memberikan asistensi dan pendampingan penyusunan arsip. Satu OPD kita berikan pendampingan selama lima hari,” kata Yunnaini mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pesawaran Halimah Zakaria, S.E., M.M.

Di samping pelatihan, terus Yunnaini, pihaknya juga memberikan bantuan sarana prasarana kearsipan berupa satu unit rak arsip, 50 pieces boks arsip dan 150 pieces folder arsip.

“Alhamdulillah. Kearsipan yang tadinya belum tertata sesuai dengan ketentuan, kini sudah baik. Insya Allah ke depan, kita akan berikan pendampingan untuk OPD lainnya,” ucapnya.

Arsip yang sudah tertata

Dilanjutkan, setelah kearsipan seluruh OPD tersusun dengan baik dan rapi, ke depan akan disusun dan diklasifikasikan secara elektronik.

“Kalau secara manual sudah tertata dengan baik, baru kita akan susun dan input secara elektronik berbasis IT,” pungkasnya. (ozi/ais)






  • Bagikan