Dinkes Mesuji Antisipasi Makanan dan Minuman Kadaluwarsa Jelang Bulan Ramadan 

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Menjelang Bulan Suci Ramadan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mesuji mewaspadai peredaran makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi. Dalam hal ini Dinkes Mesuji akan melakukan pengawasan langsung di pasar tradisional dan juga toko kelontong, yang selama ini menjadi rujukan warga memenuhi kebetuhan sehari-hari.

Plt Kepala Dinkes Mesuji Ardi Umum mengatakan, akan mengantisiapsi makanan dan minuman tidak layak konsumsi, jelang bulan Ramadan. Dan pihaknya telah mempersiapkan tim inspeksi guna mengantisipasi peredaran bahan makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet dan makanan yang kadaluwarsa. Pembentukan tim itu dalam rangka memberikan perlindungan terhadap konsumen atas makanan dan minuman yang dikonsumsi.

“Sebenarnya pengawasan peredaran makanan dan minuman merupakan kegiatan rutin. Tetapi menjelang Ramadan dan memasuki Hari Raya Idul Fitri, kegiatan akan lebih ditingkatkan,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Senin (7/5).

Menurutnya, bahan-bahan kimia seperti pewarna dan bahan pengawet tergolong bahan tambahan pangan yang sering disalahgunakan pemakaiannya sehingga membahayakan konsumen. “Pengawasan perlu dilakukan karena keamanan dan mutu makanan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, industri makanan dan juga konsumen,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada dengan makanan dan minuman yang akan dibeli, karena dikhawatirkan bakal ada yang kadaluwarsa.

“Masyarakat juga perlu mewaspadai makanan yang mengandung pewarna karena berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selama ini, kami masih belum menemukan makanan dan minuman kadaluwarsa di Mesuji, namun nanti kami akan melakukan operasi pasar supaya masyarakat yang membeli bebas dari kadaluwarsa,” pungkasnya. (muk/ang)




  • Bagikan