Dinkes Mesuji Kejar Satu Lagi Akreditasi Puskesmas

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Mesuji berupaya memperoleh pengakuan bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kabupaten tersebut memenuhi standar pelayanan secara formal (akreditasi) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Diskes Mesuji menargetkan, puskesmas di daerah ini terakreditasi secara keseluruhan pada 2020. Saat ini, dari 13 puskesmas di seluruh kecamatan yang ada di Mesuji, 12 puskesmas terakreditasi.

“Ya, saat ini sudah ada 12 puskesmas yang telah diakreditasi, dan InsyaAllah tahun depan kita targetkan semua Puskesmas di Mesuji terakreditasi,” ujar Plt. Kepala Diskes Mesuji Ardi Umum pada Radarlampung.co.id, Kamis (10/1).

Adapun satu puskesmas yang belum terakreditasi yakni Puskesmas Sumber Makmur, Kecamatan Mesuji yang baru saja diresmikan pada 2018. “Namun target kita pada 2020 akan kita ajukan juga agar memperoleh akreditasi,” tuturnya.

Menurutnya, akreditasi mengarah terhadap bagaimana pelayanan yang disediakan Puskesmas, dalam memfasilitasi masyarakat yang datang ke puskesmas tersebut. Oleh karenanya, kata Ardi, pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan.

“Untuk menjadi puskesmas yang terakreditasi maka semua tindakan pelayanan kesehatan yang dilakukan harus diterapkan berdasarkan SOP (standard operational procedure),” jelasnya.(muk/sur)




  • Bagikan