Dinkes Tuba Minta Puskesmas Pantau Warga Diduga Penderita Gizi Buruk

  • Bagikan
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulangbawang (Tuba) meminta seluruh Puskesmas aktif memantau warga yang diduga menderita gizi buruk. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Fatoni, Rabu (9/6).

Menurutnya, sesuai arahan Bupati Tulangbawang Winarti, seluruh tim Puskesmas dan gizi dari Dinas Kesehatan harus cepat bergerak jika mendapat laporan adanya dugaan warga yang menderita gizi buruk.

Fatoni mencontohkan, beberapa saat lalu pihaknya mendapat laporan ada warga yang diduga menderita gizi buruk di Kecamatan Menggala.

Namun setelah dicek ke lokasi, anak berumur sekitar 1,5 tahun tersebut tidak menderita gizi buruk atau pun stunting. Akan tetapi mengalami keterlambatan pertumbuhan.

Hal tersebut diperkuat dengan riwayat sang kakak yang juga baru bisa berjalan setelah berusia 2 tahun. “Alhamdulillah ananda sehat, namun memang belum bisa berjalan. Kita tetap berikan pelayanan terbaik,” kata Fatoni.

Baca Juga:   Tulangbawang Mulai Vaksinasi Guru dan Lansia

Dia meminta kepada seluruh Kepala Puskesmas dan tim untuk rajin turun ke lapangan mengecek kondisi kesehatan warga. Di samping itu juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). (nal/sur)



  • Bagikan