Dinsos Tubaba Input Data Mantra

  • Bagikan
Bupati Tubaba Umar Ahmad. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Sosial Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, mulai melakukan penginputan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program bantuan Maju Sejahtera (Mantra) Tubaba tahun 2021. Demikian itu disampaikan Kepala Dinsos Tubaba, Somad, SP. diruang kerjanya, Rabu (30/6).

“Untuk program bantuan Mantra, saat ini kita sudah mulai melakukan penginputan data KPM kedalam sistem, yang mana sebelumnya sejak beberapa bulan yang lalu, kita sudah mulai melakukan Verifikasi dan Validasi (Verivali) data penerima Mantra tahun ini,” ujarnya.

Lanjut dia, adapun data KPM Mantra tahun ini terdapat penambahan menjadi 17.000 KPM, di mana pada 2 tahun sebelumnya yakni 2019 dan 2020 lalu, jumlah penerima program bantuan Mantra Tubaba ini berjumlah 13.250 KPM, sehingga tahun ini mengalami penambahan sebanyak 3.750 KPM.

“Tahun ini merupakan tahun ke 3 dari perjalanan program Mantra tersebut, sebagai salah satu program unggulan Bupati Umar Ahmad, yang bertujuan sebagai upaya membantu dan menanggulangi masyarakat miskin atau kurang mampu dengan memberikan bantuan Rp.500 Ribu per KPM dalam setahun.”tuturnya.

Oleh karenanya, jelas dia, dalam melakukan pendataan sebelum dilakukan penginputan itu, pihaknya telah benar-benar melakukan Verivali lapangan bersama para pendamping Mantra yang ada di seluruh Tiyuh (Desa), agar benar-benar tepat sasaran.

“Ditargetkan penginputan data akan selesai pada bulan Juli ini, sehingga pada Agustus atau September bantuan sudah dapat dicairkan, dengan penyaluran masih tetap sama melalui 3 Bank, yakni BNI, Syariah Tani, dan Bank Lampung, yang ketentuan mekanismenya nanti akan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan