Dinsos Tubaba Rencanakan Pembinaan Lanjutan Kader KSB

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, rencananya akan menggelar pembinaan lanjutan terhadap para Kader Kawasan Siaga Bencana (KSB) yang telah ditetapkan Kementerian Sosial pada 26 Mei 2021 yang lalu. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinsos Tubaba, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Yusuf, Rabu (23/6).

“Seperti diketahui, beberapa waktu lalu KSB di Kabupaten Tubaba telah dibentuk oleh Kementerian Sosial di 2 wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Tulangbawang Tengah di Tiyuh (Desa) Panaragan, Bandar Dewa, Menggal Mas, dan Kecamatan Tulangbawang Udik di Tiyuh Karta, Gunung Katun Tanjungan, Gunung Katun Malai. Dengan para kader sebanyak 120 orang, masing-masing wilayah 60 orang, dan sudah diberikan edukasi, pelatihan serta simulasi selama 3 hari kala itu.”ujarnya.

Baca Juga:   Dear Camat se-Tubaba, Siap-Siap Dapat Pelimpahan Wewenang Ini Dari Bupati

Lanjut dia, sebab itu kita merencanakan kedepannya akan ada pembinaan lanjutan terhadap para kader yang telah terbentuk dan mendapat SK tersebut, guna peningkatan kualitas mereka sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) di KSB.

“Tugas para kader ini adalah relawan yang bilamana sewaktu-waktu terjadi bencana, maka mereka adalah orang-orang yang pertama kali memberikan pertolongan sebelum tim dari pemerintah datang, bahkan bukan hanya terfokus pada kawasan di tiyuh mereka saja, melainkan jika di tiyuh-tiyuh tetangga lainnya mengalami bencana juga mereka bisa turun.”tuturnya.

Oleh karenanya, mengingat pentingnya peran dan fungsi para Kader KSB tersebut dalam membantu pemerintah khususnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, maka diperlukan perhatian agar mereka dapat menjalankan perannya dengan maksimal sewaktu diperlukan nanti, terutama peningkatan SDM.

Baca Juga:   14.596 Hektare Lahan Sawah Tubaba Sudah Dipanen

“Untuk rencana itu, kita akan mengusulkan kepada Pemkab maupun Pemerintah Pusat, agar kiranya bisa memberikan jalan untuk pelaksanaan dari program tersebut, bahkan termasuk di dalamnya kelengkapan Sarana Prasarana.” imbuhnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan